Monday, 13 April 2009

Ratusan Hektar Sawah di Kerinci Terendam Banjir

KERINCI - Ratusan hektar sawah di Kabupaten kerinci dan kota Sungai Penuh terendam banjir. Ketinggian air berkisar tiga puluh centimeter hingga tujuh puluh lima centimeter. Banjir ini akibat meluapnya beberapa anak sungai, Setelah hujan turun dalam dua hari belakangan ini.Sampai Minggu sore (12/4) air masih mengenangi sawah warga di Kecamatan Keliling Danau khususnya Desa Tanjung Pauh, sedangkan di Kota Sungai Penuh banjir melanda sawah di Desa Kumun Debai,Tanah Kampung dan Hamparan Rawang.

Menurut warga Hamparan Rawang, Aria, banjir ini akibat hujan yang turun dalam beberapa hari terakhir, beberapa anak sungai yang melewati areal persawahan warga tidak mampu menampung debet air dan meluap mengenangi sawah.

Sebagian petani memanen padinya yang terendam air, kalau dibiarkan beberapa hari, padi akan membusuk." Lebih baik kita panen cepat saja, kalau dibiarkan padi akan busuk, kerugian lebih besar lagi," ujar seorang petani di Desa Tanah kampong. Pemda Kerinci sudah memerintahkan dinas terkait untuk mendata kerugian akibat banjir ini. (infojambi.com/EZA)



0 comments: