Friday 16 September 2011

Perbedaan Aggressive Driving Pada Remaja Ditinjau Dari Frekuensi Perilaku Membolos



ABSTRAK

Judul                : Perbedaan Aggressive Driving Pada Remaja Ditinjau Dari Frekuensi Perilaku Membolos 
Nama                : Muhammad Reza
Pembimbing     : 1. Prof. Dr. Hj. Neviyarni S, M.S
                            2. Nurmina, S.Psi., M.A., Psikolog

Penelitian ini berawal dari fakta tingginya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pelajar di Kabupaten Kerinci. Kondisi ini mengindikasikan banyaknya pelajar yang aggressive driving disaat jam sekolah. Faktor yang menyebabkan aggressive driving adalah faktor internal seperti kepribadian, kelelahan, dan faktor eksternal yakni membolos. Membolos dapat mengarahkan remaja pada aggressive driving. Melihat dari gejala tersebut. Maka, peneliti tertarik untuk melihat perbedaan aggressive driving pada remaja ditinjau dari frekuensi perilaku membolos. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan aggressive driving pada remaja ditinjau dari frekuensi perilaku membolos.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran aggressive driving remaja yang sering membolos dan remaja yang jarang membolos serta untuk mengetahui perbedaan aggressive driving pada remaja yang sering membolos dan remaja yang jarang membolos. Desain penelitian ini adalah komparatif. Subjek penelitian merupakan 24 orang remaja SMAN "X" Kerinci tahun ajaran 2010/2011; 12 orang yang mempunyai atau membawa kendaraan ke sekolah dengan perilaku membolos sering dan 12 orang yang mempunyai atau membawa kendaraan ke sekolah dengan perilaku membolos jarang dengan menggunakan teknik sampel tak acak dengan cara porposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mempergunakan Skala Aggressive Driving yang disusun berdasarkan skala Likert sebanyak 34 butir. Data diperoleh dengan analisis uji beda dengan metode Mann-Whitney U Test menggunakan program SPSS 17.0 for windows.
Hasil uji hipotesis yang dilakukan mendukung hipotesis penelitian yaitu terdapat perbedaan aggressive driving pada remaja ditinjau dari frekuensi perilaku membolos dengan skor p = 0,016.

Kata Kunci : Aggressive Driving, Remaja, Perilaku Membolos

0 comments: