Monday, 5 January 2009

CONTOH DESAIN REKRUITMEN KARYAWAN

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI
DESAIN REKRUITMEN KARYAWAN PADA
PT. TELKOMSEL
Oleh:Muhammad Reza
05,Januari 2009
A. Latar Belakang
Masalah Rekruitmen karyawan dalam perusahaan merupakan masalah umum yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang dewasa ini. Masalah yang dihadapi diantaranya adalah kurang kompetennya karyawan, tingkat keterampilan karyawan yang rendah termasuk pada PT. Telkomsel.
Usaha para Psikologi di Indonesia dalam menanggulangi masalah Rekruitmen Karyawan telah banyak mendapat penghargaan, baik dari kalangan Nasional maupun Internasional. Di dalam usaha tersebut yang paling menonjol adalah Training Motivasi. Training Motivasi ini telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu.
Sementara itu, perusahaan-perusahaan menyadari bahwa asa hal-hal diluar Program Training Motivasi yang dapat membantu meningkatkan kualitas karyawan. Faktor tersebut adalah pendidikan, pengalaman kerja.
Dalam beberapa penelitian dapat diketahui bahwa dengan adanya Rekruitmen Karyawan maka akan dihasilkan para karyawan yang bermutu dan memiliki motivasi kerja yang tinggi dalam memasukkan perusahaan tempat ia bekerja.
Salah satu contoh Rekruitmen Karyawan adalah, untuk mencari Customer Service Tekomsel. Dalam hal ini pihak Telkomsel harus benar-benar jeli dalam memilih dan menempatkan seseorang dalam posisi tertentu.
Berdasarkan fenomena di atas, Rekruitmen Karyawan memang perlu dilaksanakan agar dihasilkan para karyawan yang mampu bekerja pada posisi yang ia tempati, sehingga perusahaan tempat bekerja manjadi berkualitas dan maju.
B. Rasional
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dikemukakan beberapa alasan dilakukannya Rekruitmen Karyawan Telkomsel yaitu:
1. Karena kurang kompetennya karyawan
2. Tingkat keterampilan karyawan yang rendah
3. Pengalaman kerja yang minim
Maka dengan adanya kegiatan Rekruitmen ini diharapkan akan dihasilkannya para karyawan yang produktivitasnya tinggi dan memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen.
Dengan dibukanya proses Rekruitmen Karyawan ini juga diharapkan bisa memberikan dampak positif dalam memajukan perusahaan. Perusahaan yang berkembang dituntut untuk memiliki para karyawan yang memiliki keterampilan baik untuk itu proses Rekruitmen ini sangat berguna sekali dalam perusahaan salah satunya di PT.Telkomsel.

C. Tujuan Rekruitmen
Tujuan dari Rekruitmen karyawan perusahaan Telkomsel adalah:
1. Meningkatkan Produktivitas
Rekruitmen karyawan perusahan dapat meningkatkan taraf prestasi kerja pada jabatannya prestasi kerja yang meningkat mengakibatkan peningkatan dari produktivitas. Produktivitas adalah keluaran dibagi masukan.
2. Meningkatkan Mutu
Rekruitmen yang tepat tidak saja meningkatkan kuantitas dari keluaran tetapi juga meningkatkan mutu dari keluaran. Karyawan yang berpengetahuan dan berketerampilan baik hanya akan membuat sedikit kesalahan, dan cermat dalam pelaksanaan pekerjaan.
3. Meningkatkan Pelayanan terhadap Konsumen
Rekruitmen yang tepat juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap para konsumen. Karyawan yang berpengetahuan akan memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen.

D. Metode Rekruitmen
Adapun metode yang digunakan dalam proses Rekruitmen Karyawan Perusahaan PT. Telkomsel yakni:
1. Tes tertulis
Dalam tes tertulis calon karyawan yang telah lolos Seleksi Administrasi akan diminta untuk mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan oleh panitia. Adapun materi yang akan diuji dalam tes tertulis ini meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Kemampuan Umum serta Geografi, Sejarah, serta Ekonomi.
2. Wawancara
Setelah lulus dari ujian tertulis para calon karyawan akan melalui tahap wawancara. Dimana di dalam wawancara ini para panitia akan melihat sifat-sifat dan kepribadian dari calon karyawan, apakah ia cocok untuk menempati posisi yang telah ditawarkan dan para panitia akan melihat skill-skill yang dimiliki oleh para calon karyawan, sehingga dikemudian hari perusahaan Telkomsel tidak rugi merekrut yang telah diterima.

E. Jadwal Kegiatan
Kegiatan Rekruitmen calon karyawan PT.Telkomsel ini berlangsung selama 3 hari yakni pada hari Senin-Rabu dan rencananya sebagai berikut:
Hari/ Tanggal Jam Kegiatan
Senin/ 09-01-09 7.00 – 8.00 WIB8.00 – 11.00 WIB11.00 – 12.30 WIB 12.30 – 16.30 WIB Registrasi Ulang Peserta(Ujian Tertulis)Matematika, Biologi Istirahat Fisika, Kimia
Selasa/ 20-01-09 8.00 – 11.00 WIB11.00 – 12.30 WIB12.30 – 16.30 WIB Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kemampuan UmumIstirahatGeografi, Sejarah dan Ekonomi
Rabu/ 21-01-09 8.00 – 11.00 WIB11.00 – 12.30 WIB12.30 – 16.3 Wawancara IstirahatLanjutan wawancara




F. Dana
Dana yang dibutuhkan dalam proses Rekruitmen karyawan PT. Telkomsel ini sebesar Rp. 6000.000,00 dengan perinciannya sebagai berikut:
1. Pengadaan Soal Ujian (1000 copian) Rp. 1000.000,00
2. Snack Panitia Rp. 2000.000,00
3. Insentif 10 orang Panitia 2 x Rp 500.000 Rp. 1000.000,00
Pengawan ujian untuk 2 hari (1 orang = Rp. 50.000)
4. Insentif 10 orang Psikolog 10 x Rp. 150.000 Rp. 1500.000,00
Untuk 1 hari
5. Biaya dll Rp. 500.000,00
________________ +
Rp. 6000.000,00

G. Sumber Dana
Sumber dana pelaksana proses Rekruitmen calon karyawan PT.Telkomsel ini berasal dari uang kas perusahaan, donatur, dan sponsor yang mendukung kegiatan Rekruitmen perusahaan Telkomsel.

H. Tim Pelaksana
Penanggung jawab : Direktur PT. Telkomsel
Ketua : Muhammad Reza, S.Psi, M.Psi, Psikolog
Wakil Ketua : Mario Pratama, S.Psi, M.Psi, Psikolog
Sekretaris : Dra. Umi Lutfiah, M.Si.
Bendahara : Syahriani Syam Nst, S.Psi.
Koor Humas dan Dokumentasi : Fauzi Rahman, S.Psi.
Free Dirga, S.H
Koor Perlengkapan dan Acara : Rolan Orlando, S.Psi
Jeri Marantika, S.Psi.
Koor Konsumsi : Rindu Prima wulandari, S.Psi.
Ervi Wedari. S.Psi.
Koor Dana : Yulyanti Minarsih, SH
Silvia Fortuna, SH.



0 comments: