Monday, 16 February 2009

Tulung Pak! Di Kerinci Ada Pungli Pembuatan KTP

KERINCI – Wajar saja jika masyarakat paling pusing kalau harus dihadapkan dengan birokrasi. Pasalnya, urusan dibirokrasi ternyata memang sulit.

Ini terjadi di Dinas Catatan Sipil Kabupaten Kerinci. Salah satu tugas dari Dinas Catan Sipil adalah membuatkan KTP bagi masyarakat. Jika dahulu, pembuatan KTP dapat dilakukan di setiap Kantor Camat Kecamatan, tetapi sekarang semuanya diserahkan ke Dinas Catatan Sipil.Salah seorang warga Kerinci yang tidak mau namanya disebutkan mengatakan, untuk membuat KTP dan mendapatkannya, warga harus rela mengeluarkan uang sebagai biaya pembuatan. “Jika tidak diberikan, maka KTP yang diurus akan lama keluar. Padahal, sepengatahuan saya semuanya gratis dan KTP dapat diambil dalam satu hari,” ungkapnya.

“Anehmya, jika tidak diberi uang KTP yang diurus akan terkatung-katung pembuatannya,” timpal warga tersebut. Kisaran biaya yang diminta untuk adminstrasi pembuatan, menurutnya 15.000-30.000 untuk satu KTP. “Kami yang susah jangan ditambah susah. Tolong perhatikan kondisi ekonomi masyarakat yang rendah. Kalau untuk orang kaya tidak jadi masalah. Mereka akan sanggup membayar,” tambahnya.

Pantauan infojambi.com dilapangan, memang realitasnya seperti yang dikatakan oleh masyarakat. Warga yang mengurus KTP secara gratis, cendrung tidak diacuhkan dan kurang dilayani. Lalu KTP yang mereka urus dikeluarkan dalam waktu berminggu-minggu. Tetapi masyakat yang mengurusnya dengan memberikan uang pelayanannya baik, mereka cukup menunggu beberapa jam sampai selasainya KTP. (infojambi.com/EZA)





0 comments: