Tuesday, 17 March 2009

Gangguan Kepribadian

GANGGUAN KEPRIBADIAN
Oleh: Muhammad Reza
Mahasiswa Psikologi

Tentunya setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda seperti bagaimana berperilaku kepada orang tua,teman sebaya atau orang yang baru dikenal.Ada yang berperilaku sopan,ramah,kasar,halus,keras,menghindar namun ada juga yang memilki semuanya.Nah,jika begini persoalannya,maka ini adalah bentuk dari gangguan kepribadian yang akhirnya menimbulkan problema rumit bagi orang tersebut.Jika dengan gangguan kepribadian ternyata menimbulkan problema yang rumit,lantas pertanyaan yang sering muncul yakni apakah gangguan kepribadian dan bagaimana cara mengatasinya?Artikel berikut akan mengupas masalah gangguan kepribadian yang sering muncul dalam kehidupan dengan tidak lupa memberikan beberapa alternative solusi yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Sumber masalah
Sejak jaman dahulu hingga kini persoalan yang dihadapi oleh individu sepertinya tidak jauh berbeda.Berbagai gangguan kepribadian yang mereka alami dari masa kemasa,memilki tipe-tipe yang sama.
Sebelum kita melangkah lebih jauh,sebaiknya kita mengetahui apa yang dikatakan gangguan kepribadian?gangguan kepribadian adalah pola perilaku atau cara berhubungan dengan orang lain yang benar-benar kaku,yang akhirnya menjadi selfdefeating.Dalam DSM(Diagnostic and Statiscal Manual of Disorder) gangguan kepribadian berada pada aksis II secara klinis.
Tipe-tipe dari gangguan kepribadian sebagai berikut:
A. Gangguan kepribadian yang ditandai dengan perilaku aneh atau eksentrik.
Kelompok gangguan ini meliputi gangguan paranoid,schizoid,dan skizotipal.Orang dengan gangguan ini sering memilki kesulitan dalam berhubungan dengan oran lain atau mereka menunjukkan tidak adanya minat mengembangkan hubungan social.
• Ganguan kepribadian paranoid
Sifat penentu dalam kepribadian paranoid adalah perasan curiga yang berlebihan,kecendrungan untuk menginterpretasikan perilaku orang lain sebagai hal yang mengancam atau merendahkan.Orang dengan gangguan kepribadian ini sangat tidak percaya dengan orang lain dan ini mengakibatkan hubungan social mereka terganggu,selain itu mereka cendrung terlalu sensitive terhadap kritikan,mudah marah,serta cendrung lebih berhati-hati.faktor yang bias mendorong timbulnya kepribadian paranoid adalah factor budaya dan social politik.
• Gangguan kepribadian schizoid
Isolasi social merupakan ciri utama dari gangguan kepribadian schizoid.Orang yang mengalami gangguan kepribadian ini digambarkan dengan perilaku menyendiri,kehilangan minat dalam hubungan social,emosi tampak dangkal,namun lebih rendah bila dibandingkan dengan skizophrenia,mereka lebih menjaga jarak dengan orang lain.Pola gangguan kepribadian ini dapat dikenal pada masa dewasa awal
• Gangguan kepribadian skizotipal
Umumnya gangguan kepribadian skizotipal menjadi jelas pada saat dewasa awal,orang denagngannguan kepribadian skizotipal dapat sangat cemas dalam dalam situasi sosia,bahkan saat berinteraksi denag orang yang baru mereka kenal.Gangguan kepribadian skizotipal sedikit umum pada laki-laki bila dibandingkan dengan perempuan.

B. Gangguanh kepribadian yang ditandai dengan perilaku dramatis emosional atau erotik.
Kelompok gangguan kepribadian ini mencakup tipe anti social,ambang,histrionic dan narsistik.Orang yang mengalami gangguan kepribadian ini berpola perilaku berlebih-lebihan,tidak dapat diramalakan ,dan sulit untuk membentuk dan membina hubungan social.
• Gangguan kepribadian antisocial
Orang dengan gangguan kepribadian anti social secara konsisten melakukan pelanggaran terhadap hak-hak orang lain,dan sering melanggar hukum.Orang dengan gangguan kepribadian ini dikenal dengan psikopat dan sosiopat.
Factor pemicu gangguan kepribadian antisocial yakni factor sosiokultural diaman gangguan kepribadian antisocial terjadi pada semua ras dan kelompok etnik.
• Gangguan kepribadian ambang
Gangguan kepribadian amabnagn dicirikan dengan perilaku emosional dan kurangnya control atas impuls.Orang dengan gangguan kepribadian ini cendrung tidak yakin pada identitas pribadi mereka,nilai tujuan,karir bahkan mungkin orientasi seksual.
• Gangguan kepribadian histrionic
Ganggaun kepribadian histrionic melibatkan emosi yang berlebiahan dan kebutuhan yang besar untuk menjadi pusat perhatian orang lain.Orang yang mengalami gangguan kepribadian histrionic cendrung dramatis dan emosional,namun emosi mereka tampak dangkal,dibesar-besarkan dan mudah berubah.
Orang dengan kepribadian hiostrionik mungkin tertarik pada frofesi modeling atau acting dimana mereka dapat mendominasi lampu sorot.
• Gangguan kepribadian narsistik
Narsistik sendiri berasal dari mitos yunani yakni narkissos seorang pemuda tampan yang jatuh cinta pada bayangan sendiri.
Orang dengan gangguan kepribadian narsistik memilki rasa bangga atau keyakinan yang berlebihan terhadap diri mereka sendiri dan suka untuk dipuja.
C. Gangguan kepribadian yang ditandai denagn perilaku cemas atau ketakutan
Kelompok gangghuan kepribadian ini mencakup tipe menghindar,dependen dan obsesif kopulsif meskipun ciri-ciri kepribadian ini berbeda,gangguan kepribadian ini sama-sama memilki komponen berupa rasa takut atau kecemasan.

Semua gangguan kepribadian diatas dijelaskan oleh berbagai perspektif dintaranya perspektif psikodinamikan dan perspektif belajar.
1. Perspektif Psikodinamika
Perspektif psikodinamika berfokus pada masalah yang muncul dari Oedipus complex sebagai dasar dari perilaku abnormal tersebut.Biasanya orang mengalami gangguan karena muncul kembalinya peristiwa-peristiwa masa lalu.
2. Perspektif Belajar
Gangguan kepribadian dipandang sebagai akibat dari kesalahan dalam belajar.Hal ini berhubungan dengan pengalaman belajar pada masa kanak-kanak yang membentuk kebiasan pada masa dewasa.
.
Pendekatan Penanganan Gangguan Kepribadian
Terlepas dari sulitnya bekerja secara tereupatik bersama individu dengan gangguan kepribadian.Hasil yang menjanjiakn muncul berdasarkan pendekatan psikodinamikan dan kognitif behavioral yang merupakan pertemuan antara terapis dengan klien maupun keluarga klien.terapi psikodinamika untuk membantu orang memahami akar masalah kanak-kanak dari masalah mereka dan belajar cara yang lebih efektif dalam berhubungan dengan orang lain.Terapi kognitif behavioral yakni terapis berusaha mendorong tingkah laku yang lebih efektif untuk mengembangkan keterampilan social yang lebih efektif dan untuk menggantiakan cara berpikir yang salah denagn alternative rasional.Selain itu ada juga terapi obat yakni obat antidepresi atau antikecemasan yang dapat digunakan untuk mengendalikan simptom namun tidak dapat mengubah pola perilaku.

Kiat dan Solusi Agar Terhindar Dari Gangguan Kepribadian
Jika berbicara mengenai kiat dan solusi agar terhindar dari gangguan kepribadian itu tidaklah mudah,tergantung kepada individu itu sendiri.Namun kami akan memberikan beberapa kiat & solusi yang dapat bermanfat bagi anda yakni:
1. Berusahalah menerima keadaan apa adanya.
2. menjalin hubungan social sesuai dengan kontek budaya
3. Selalu menjaga emosi
4. Berlapang dada dalam menerima keputusan,serta
5. Menghargai pendapat orang lain
Dengan menjalankan kiat & diatas anda bisa terhindar dari gangguan kepribadian yang menimbulkan masalah dalam kehidupan dan anda akan hidup tenang dalam lingkunagn masyarakat.(INFO SEMURUP/REZA)







0 comments: