Friday, 10 April 2009

Bayi Kembar Sulit Berkembang

JAMBI - Bayi kembar memiliki kecendrungan sulit berkembang dibandingkan dengan bayi tunggal. Hal ini dikatakan Bidan Nesti Anggi Yutria AMKeb pada infojambi.com.”Pada bayi tunggal ibu dapat memberikan perhatian sepenuhnya kepada bayinnya tetapi ibu yang melahirkan bayi kembar tidak dapat melakukan hal yang sama. Hal ini disebabkan karena pada tahun-tahun pertama kelahirannya anak kembar kurang mendapat perawatan dari ibunya. Hal ini menimbulkan rasa tidak dicintai atau merasa benar-benar ditolak pada diri bayi,’’katanya.

Apa efek kelahiran kembar terhadap perkembangan? Nesti mengatakan efek yang ditimbulkan kelahiran bayi kembar terhadap perkembangan yakni anak kembar mengalami keterlambatan perkembangan seperti perkembangan fisik, mental, motorik dan bicara dibandingkan dengan bayi tunggal, keterlambatan ini lebih disebabkan karena terlalu banyak dilindungi oleh orang tuanya.

Nesti menjelaskan untuk perkembangan fisik,bayi kembar cendrung lebih kecil dibandingkan dengan bayi tunggal. Hal ini disebabkan karena bayi belum cukup matang pada saat dilahirkan. Bayi kembar sering menderita kerusakan otak dan cacat fisik lainnya.

Dalam perkembangan mental bayi kembar identik memilki banyak persamaan dibandingkan dengan kembar nonidentik, keadan ini terus berlangsung sampai usia tua.

Masalah lain yang dihadapi bayi kembar kata Nesti pertama perkembangan sosila bayi kembar cendrung melakukan persaingan untuk mendapatkan perhatian dari orang dewasa, saling meniru perilaku bicara dan cendrung saling bergantung satu sama lain dalam pergaulan. Kedua dalam perkembangan kepribadian banyak bayi kembar mengalami kesulitan dalam mengembangkan identitas pribadi. Hal ini terjadi pada semua jenis kembar baik identik maupun nomidentik. Dengan jenis kelamin yang sama. ‘’Yang terahkir bayi kembar cendrung mengalami perilaku yang bermasalah diduga karena bayi kembar kurang mendapat perhatian,’’pungkasnya. (infojambi.com/EZA)

[ Kembali ]


0 comments: