Friday, 17 April 2009

Kayu Manis Bisa Jadi Sirup dan Obat Flu

KERINCI - Anjloknya harga jual kayu manis ditingkat petani, membuat para petani dan Dinas terkait di Kabupaten Kerinci putar otak. ”Masyarakat Kerinci berupaya untuk mengolah hasil kayu manis dengan membuat sirup serta kayu manis ini diyakini bisa mengobati sakit flu,” kata Ismail, salah seorang pedagang kayu manis yang juga pecinta obat-obatan alami di Semurup saat dikonfirmasi infojambi.com. Dijelaskannya, kayu manis sangat bagus untuk obat flu, terlebih untuk mengeluarkan lender. Caranya, taburkan bubuk kayu manis pada teh hangat dan kemudian diminum.

“Kayu manis adalah astringent yang membantu mengeringkan lendir berlebihan di dalam paru-paru dan saluran hidung. Selain itu, kayu manis juga meningkatkan sirkulasi darah sehingga tangan dan kaki terasa hangat,” ungkapnya.

Ini kata Ismail, ini merupakan peluang baru bagi masyarakat Kerinci yang harus dimanfaatkan. Pada tahap awal, mungkin mengolah kayu manis seacra sederhana, yakni kulit manis yang kering dijadikan bubuk, lalu dibungkus dengan rapi seperti permen sehingga konsumen tertarik. (infojambi.com/EZA)




0 comments: