Monday, 27 April 2009

Tradisi Ngasap Nenghi di Semurup, Ritual 5 Tahunan

KERINCI - Selain terkenal dengan keindahan alamnya yang indah kerinci juga memilki beranekaragam budaya salah satunya yakni tradisi ngasap nenghi(asap negri).Tradisi ini dilakukan setiap 5 tahun sekali.Menurut Idris, DPT Pemangku Adat Semurup tradisi ini dirayakan menjelang dilakukannya mandi balimau dan ngasap nenghi ini biasanya selama semingu.

Ngasap nenghi ini ditujukan agar wilayah semurup terhindar dari malapetaka bencana,dan biasanya dilakukan dengan mengelilingi seluruh wilayah yang ada disemurup.

Bentuk upacaranya yakni membawa turun alat pusaka yang bisanya hanya tersimpan didalam Peti besi,dan penyiraman air ke seluruh pelosok kampung, air ini sendiri telah diramu oleh pemangku adat yang mengunakan ramuan alami seperti jeruk perut air ini diberi nama air canano dan tradisi ini dilakukan sore hari.

"Air ini dipercaya oleh masyarakat setempat bisa menyembuhkan berbagai macam bentuk penyakit jadi,tak heran jika setiap upacara ini selalu ramai ditonton oleh masyarakat yang hampir menutupi badan jalan yang ada disemurup," ujar Idris.

Tua muda semuanya keluar rumah untuk menyaksikan tradisi ini bahkan ada yang sengaja ikut berkeliling untuk disirami dengan air canano.Tradisi ini tidak hanya disaksikan oleh penduduk setempat bahkan penduduk dari luar juga ikut terlarut dalam tradisi ini. " Kita berharap tradisi terus dipertahankan dan masuk kelender wisata Kabupaten Kerinci," jelasnya.(Infojambi.com/EZA)


0 comments: