Wednesday 1 July 2009

Terapi Listrik Elektokonvulsi untuk Penderita Gangguan Jiwa

APA terapi elektrokonvulsi?Salah satu terapi yang digunakan dala ilmu Kedokteran Jiwa ini merupakan salah satu metoda pengobatan psikatri dari sekian banyak jenis terapi yang bias dipakai.Didalam buku psikiatri dijelaskan bahwa terapi elektrokonvulsi dilakukan dengan cara mengalirkan listrik sinusoid ketubuh sehingga penderita menerima aliran listrik yang terputus-putus.

Buku tersebut juga menjelaskan bahwa alat yang digunakan dalam terapi ini dinamakan konvulsator didalamnya terdapat pengatur waktu voltase yang merupakan pengatur waktu otomatis memutuskan aliran listrik yang keluar sesudah waktu yang ditetapkan.

Prinsip kerja dari terapi elektrokonvulsi ialah aliran listrik dimasukkan kedalam kepala orang yang mengalami gangguan jiwa,setalah itu orang yang menjalaninya menjadi tidak sadar seketika dan konvulsi yang terjadi mirip epilepsy, diikuti fase klonik,kemudian rasa relaksasi otot dengan pernafasan dalam dan keras.Orang menjadi tidak sadar kurang lebih 5 menit dan biasanya setelah bangun dan sadar,kemudian timbul rasa kantuk,kemudian orang tersebut tertidur. (infojambi.com/eza/Buku Psikiatri)


0 comments: