Monday 31 August 2009

Ngantuk Siang Hari ? Itu Masalah Tidur

MUNGKIN sekarang anda hanya mengenal insomnia saja sebagai bentuk gangguan tidur. Sebenarnya banyak sekali gangguan yang berhubungan dengan tidur. Bentuk lain dari gangguan tidur, yakni rasa mengantuk yang berlebihan pada siang hari.

Banyak orang mengalami rasa kantuk pada siang hari saat sedang disibukan dengan aktivitas yang begitu padat. Apalagi pekerjaan yang dilakukan harus diselesaikan, sementara mereka dihadapkan pada masalah rasa kantuk. Banyak sekali pekerjaan yang terbengkalai jika rasa kantuk terus menggerogoti diri anda.Dalam buku Keperawatan Jiwa karangan Gail W Stuard dijelaskan, semua jenis gangguan tidur bisa menimbulkan penurunan produktifitas, salah satunya rasa mengantuk pada siang hari. Apalagi di bulan Ramadhan rutinitas tidur siang mungkin menjadi alternatif sebagian orang agar waktu puasa tidak terasa panjang.

Selain itu gangguan tidur ini juga bisa menyebabkan penurunan kognitif, peningkatan kemungkinan kecelakaan, resiko morbiditas dan mortalitas yang lebih tinggi,dan penurunan kualitas hidup. Gangguan tidur lebih sering terjadi pada Lansia. (infojambi.com/EZA)


0 comments: