Thursday 29 October 2009

Batang Merangin Sentra Perkebunan Kelapa Sawit Kerinci

SUNGAIPENUH - Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci, Jambi, kaya Sumber Daya Alam (SDA). Di wilayah itu dikembangkan beragam komoditi pertanian dan perkebunan, diantaranya karet, kopi, kulit kayu manis, coklat dan sayur-sayuran.Di Batang Merangin kini dikembangkan perkebunan kelapa sawit. Petani yang dulu berkebun kopi dan kulit manis mencoba menanami lahannya dengan kelapa sawit. Daerah yang jadi sentra penanaman kelapa sawit adalah Desa Bedeng VII, Bedeng XII dan Muara Imat.

Seorang petani di Desa Muara Imat, Rozali, mengatakan, petani di Batang Merangin mulai menanam kelapa sawit sejak 3 tahun lalu. Awalnya hanya coba-coba, karena dianggap Kerinci yang berhawa dingin tidak cocok untuk komoditas kelapa sawit.

Menurut Rozali, karena iklim Muara Imat berbeda dengan sebagian besar wilayah Kerinci, petani setempat berfikiran mencoba beralih ke komoditi pertanian lain guna meningkatkan penghasilannya. Pilihan jatuh pada kelapa sawit.

"Kalau ternyata perkebunan kelapa sawit di Batang Merangin bisa menghasilkan seperti di daerah lain di Jambi, tentu akan membawa keuntungan bagi masyarakat Batang Merangin," ujar Rozali. (infojambi.com/EZA)


0 comments: