Jumat, 16 Oktober 2009

Disiplin Kunci Keberhasilan Santri Ponpes Nurul Haq Kerinci

SUNGAIPENUH - Pondok pesantren (ponpes) Nurul Haq di Semurup, Kerinci, cukup dikenal oleh masyarakat Kerinci. Santrinya berasal dari berbagai kecamatan di Kerinci. Mereka diwajibkan tinggal bersama di asrama. Sudah banyak qori, qori’ah, hafiz dan hafidzah yang lahir dari ponpes itu. Keberhasilan diperoleh berkat dari kedisplinan para santri.Di Ponpes Nurul Haq, para santri diajarkan bangun pagi lebih cepat dan melaksanakan shalat Subuh berjama'ah. Para santri mulai melakukan aktivitas belajar pada pukul 07.30 hingga 13.30 WIB. Mereka juga diberi kegiatan ekstra-kurikuler bahasa Arab, membaca Al-Qur’an dan ceramah.

Menurut staf pengajar di pesantren tersebut, Buya Sijum, Ponpes Nurul Haq sangat menuntut kedisplinan para santri. Sebelum masuk ke ponpes itu para santri sudah membuat kesepakatan untuk mengikuti aturan yang berlaku di ponpes.

Dikatakan, pada setiap bulan Ramdhan banyak tawaran datang ke santri Ponpes Nurul Haq untuk mengisi acara di mesjid-mesjid, seperti ceramah dan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. (infojambi.com/EZA)


0 comments: