Monday 26 October 2009

DRPD Tidak Pedulikan Letak Ibukota Kerinci


SUNGAIPENUH - Ibukota Kabupaten Kerinci akan diketahui akhir tahun ini. Nama-nama calon ibukota yang diusulkan Pemkab Kerinci kini sedang dikaji tim Bappenas. Uniknya, soal letak ibukota Kerinci pasca berdirinya Kota Sungai Penuh itu tidak melibatkan DPRD.Anggota DPRD Kerinci, Nopantri SP, mengakui DPRD Kerinci belum pernah membahas masalah ibukota Kerinci. Dewan juga tidak pernah merekomendasikan daerah yang akan dijadikan ibukota Kerinci.

"Selama ini DPRD Kerinci belum pernah membahas masalah ibukota Kerinci, apalagi merekomendasikan nama daerahnya," kata Nopantri.

Salah satu daerah calon ibukota adalah Semurup. Daerah itu masuk nominasi karena letaknya dianggap strategis, di jalur lintas Sungai Penuh – Padang, dan memiliki fasilitas umum yang lengkap.

Nopantri menilai, Semurup ideal menjadi ibukota Kerinci. Ia membantah rumor sulitnya pengurusan pembebasan lahan untuk pembangunan perkantoran. Menurutnya, masyarakat Semurup sangat mendukung daerah mereka menjadi ibukota Kerinci.

"Anggapan Semurup sulit dikembangkan menjadi kota itu tidak benar. Untuk jangka panjang Semurup lebih baik. Jika Semurup terpilih, perkantoran akan dibangun di sekitar objek wisata Air Panas. Di kawasan itu lahan kosong masih luas. (infojambi.com/EZA)


0 comments: