Tuesday 20 May 2008

EKSPEDISI GUNUNG MERAPI PADANG PANJANG

Perjalanan dimulai pada hari rabu 30 april 2008,jam 17.00 menggunakan mobil umum,tujuan kami adalah Koto Baru Padang Panjang dimana disinilah Pos pendakian Gunung Merapi terletak.Kami sampai di Pos pendakian pada pukul 18.00,dan langsung melanjutkan perjalanan jalan kaki menelusuri jalan yang disekitarnya merupakan Perkebunan Penduduk setempat.Senja semakin larut,hawa dingin mulai menerpa sekujurr tubuh ditambah lagi cuaca yang tidak bersahabat yakni hujan mulai turun menambah dinginnya suasana malam itu,aku tak tanggung-tanggung memakai 3 lapis pakaian,walaupun sudah memakai 3 lapis pakaian tetap saja masih dingin.Tak terasa perjalanan sudah memasuki hutan belantara dimana didalamnya memungkinkan adanya binatang buas dan pepohonan yang tinggi dan rimbun,pepohonan yang tinggi dan rimbun menguntungkan kami karena dengan begitu kami tidak terlalu basah diguyur hujan. Sekitar jam 23.00 kami sampai dibagian pertengahan gunung merapi ,kami memutuskan untuk menunda perjalanan dan mendirikan tenda untuk tempat peristirahatan sambil menyegarkan tubuh yang sudah lesu .Kami sepakat untuk memulai perjalan sekitar jam 4.00 agar dapat sampai dibagian cadas sekitar jam 5.00 pagi.Pagi mulai menyongsong perjalananpun kami lanjutkan sesuai rencana semula setelah istirahat,kamipun sampai dibagian cadas sesuai yang kami inginkan tadi.Wah……..pemandangan yang menakjubkan dipagi hari!!! Dari ketinggian tampak warna-warni lampu menghiasi sudut Perkotaan yang terletak dibawah kaki Gunung Merapi menambah daya seni tersendiri dipagi hari.Setelah puas memandangi pemandangan yang indah permai ini,perjalanan kami lanjutkan kembali kebagian puncak sekitar jam 7.00,sebelumnya kami mendirikan tenda tempat istirahat dan sarapan pagi.Setelah melaui perjalanan yang melelahkan akhirnya kami sampai juga dipuncak,Aku sampai yang kedua karena sebelumnya sudah ada teman yang mendahuluiku.Salah satu puncak Gunung merapi ini bernama puncak merpati,itu kata teman-temanku…disi lain dari puncak terdapat sebuah tugu yang berdiri kokoh.Wah puncaknya seperti lapangan bola bahkan lebih besar dari ini dan ditengahnya terdapat Kawah yang mengeluarkan asap berbau belerang.dipuncak juga terdapat Taman Bunga Edelwis,tapi untuk mengambil bunga dilarang karena berbahaya,kami hanya menganbil bunga disisi lain,dari puncak ini juga terlihat pemandangan danau singkarak,Gunung Singgalang dan perkampungan penduduk yang begitu indah.Setelah puas berkeliling dan haripun sudah siang kami memutuskan untuk turun dan pulang,Sebelum turun tidak lupa kami berfoto-foto sebagai kenangan terakhir diatas puncak…walaupun melelahkan namun memiliki kenangan yang indah dan tak terlupkan dalam hidup ini.Begitulah Ekspedisi Gunung Merapi,selain melelahkan juga menyenangkan.

Unknown said...

dunia sudah tua gan,kiamat sudah dekat