Friday, 20 March 2009

Amnesia, Bisa Membuat Penderita Kehilangan Identitas Diri

KERINCI-Hati-hati jika Anda sering mengalami lupa akan sesuatu hal. Ini adalah salah satu gejala amnesia. Dalam istilah kedokteran, amnesia diartikan sebagai keadaan seseorang yang mengalami kehilangan ingatan, sebagian atau seluruhnya, untuk sementara waktu atau selama-lamanya.Aria Rahayu, Mahasiswi Psikologi asal Kerinci menjelaskan, amnesia bisa disebabkan faktor organis dan psikologis. Jika amnesia organis, katanya, itu biasanya disebabkan karena terjadi kerusakan dalam pencaman dan penyimpanan, sedangkan pada amnesia psikologis umumnya disebabkan pemanggilan kembali mengalami halangan atau kesulitan.

Dalam kondisi akut, kata Aria, orang yang mengalami amnesia dapat kehilangan identitas dirinya, mungkin terhadap peristiwa-peristiwa yang baru terjadi beberapa jam atau hari.

Aria juga menjelaskan, amnesia bisa bersifat retrograde meliputi pengalaman sebelum dan sesudah peristiwa yang menyebabkan amnesia terjadi. Atau abtrogade, meliputi pengalaman sesudah gangguan yang menyebabkan amnesia terjadi.(infojambi.com/EZA)




0 comments: