Monday, 30 March 2009

Karate Kian Diminati Remaja Kerinci

KERINCI - Karate semakin popular di Kerinci. Olahraga fisik ini tidak hanya disukai orang dewasa, anak-anak dan remaja juga menggemarinya. Buktinya, pusat olahraga karate di Semurup ramai peminat.“Di tempat kita latihan biasanya kita lakukan tiga kali dalam seminggu,”ujar Drs Afrizal, Pembina Karate di SMPN 1 Air Hangat, Semurup kepada infojambi.com.

Menurut Afrizal, saat ini sekitar 30 karateka berlatih ditempatnya. Mereka berasal dari pelajar tingkat SD, SMP, SMU dan juga mahasiswa.

Untuk berlatih karate di tempat ini, lanjut dia, tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Yang paling penting, katanya, harus mempunyai baju seragam karate dan membayar uang ujian kenaikan tingkat.

Afrizal mengatakan, uang kenaikan tingkat itu digunakan untuk membuat sertifikat bagi yang telah lulus ujian kenaikan tingkat. “Biasanya setiap sebulan sekali, kita melakukan uji tanding ke Kota Sungaipenuh. Ini dilakukan untuk melatih mental dan menambah pengalaman atlit,”katanya.

Prestasi atlit yang bernaung di tim karate SMPN 1 Air Hangat ini cukup membanggakan. Ia mencontohkan, Wiza dan Azbur, kedua atlet ini merupakan atlet andalan Kerinci pada setiap kejuaraan karate.

Wiza, kata Afrizal, telah banyak mengikuti turnamen baik lokal maupun luar daerah. Prestasi yang pernah ditorehnya pun cukup membanggakan. Di antaranya, ia pernah mengikuti kejuaraan di Bengkulu, Medan dan Sumatera Barat.

Afrizal berharap, semoga prestasi yang berhasil diraih Wiza dapat diikuti oleh teman-temannya. “Saya juga berharap akan muncul pelatih-pelatih karate handal dari Kerinci,”pungkasnya. (infojambi.com/EZA)


0 comments: