Thursday, 5 March 2009

Wah!!Ibu Kota Kabupaten Kerinci Jadi Rebutan

Pasca Kerinci dipecah menjadi 2 daerah otonom baru yakni Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci.Perebutan untuk menjadi Ibu Kota Kabupaten santer terdengar ditelinga.Daerah yang disebut-sebut berambisi kuat untuk menjadi Ibu Kota Kabupaten adalah Siulak,Kayu Aro dan Semurup.Menurut rekomendasi ITB beberapa waktu yang lalu wilayah yang cocok menjadi Ibu Kota Kerinci yakni Desa Pendung di Kecamatan Air Hangat,Sungai Tutung di Kecamatan Air Hangat Timur dan Sanggarang Agung di Kecamatan Danau Kerinci.

Jika kita melihat dari rekomendasi ITB ,wilayah yang punya peluang cukup besar untuk menjadi Ibu Kota Kabupaten adalah Semurup karena wilayah ini mempunyai ikatan yang sangat dekat dengan Pendung serta desa pendung adalah bagian dari wilayah Semurup yang tidak bisa dilepaskan.

DPRD dan Bupati Kerinci sendiri merokemendasikan Renah Pametik dan Sanggarang Agung sebagai calon Ibu Kota Kerinci.”jika sanggarang agung menjadi Ibu Kota kerinci,kompleks perkantoran akan dibangun menghadap Danau Kerinci”kilah Nasrun Madin ketua DPRD Kerinci beberapa waktu yang lalu.

Masyarakat Semurup sejauh ini telah lama mempersiapkan wilayahnya unuk menjadi Ibu Kota kerinci .”mari kita dukung Semurup sebagai ibu kota kerinci”ujar zaidin S.Pd tokoh masyrakat Semurup disela-sela perayan 17 agustus beberapa bulan yang lalu.

Jika Semurup menjadi Ibu Kota Kabupaten Kerinci,lokasi yang strategis sebagai kompleks perkantoran ialah arah Air Panas dan Bukit Selasih karena diwilayah ini masih banyak lahan tidur dan kosong yang belum digarap masyrakat terangnya.Masyarakat Semurup telah mempersiapkan lahan untuk lokasi gedung DPRD,Kantor Bupati dan Rumah Sakit Umum jadi sekarang kita tinggal menunggu keputusan orang-orang yang diatas terangnya lagi (tokoh masyarakat,red)

Sejauh ini Pemkab Kerinci belum mengajukan nama Ibu kota Baru kerinci selain Renah Pametik dan Sanggarang Agung sdebagi ibu kota baru yang cocok dan strategis.Untuk menentukan Ibu Kota Kabupaten tidak segampang berbicara.diperlukan musyawarah kemudian baru diajukan ke Mendagri untuk ditetapkan.

Sampai saat ini aktivitas pemerintahan Kerinci masih dipusatkan di Kota Sungai Penuh,mungkin pemindahan Ibu Kota dan Kompleks Perkantoran akan dilakukan dalam beberapa tahun kedepan sampai Kota Sungai Penuh mandiri.

Seperti yang kita ketahui Kota Sungai Penuh sekarang masih sebagai Kota Adminstratif dan perkantorannyapun masih menumpang diaset milik Pemkab Kerinci.

Diharapkan oleh masyarakat dalam penentuan Ibu Kota baru Kerinci tidak terjadi konflik,wilayah mana saja yang menjadi Ibu Kota merupakan bagian dari Kerinci.Yang terpenting bagaimana membangun Kerinci kedepan agar lebih maju dan menjadi percontohan kabupaten/kota lainnya,bukan sibuk memperbutkan Ibu Kota Kabupaten.



0 comments: