Tuesday, 19 May 2009

Alzheimer Penurunan Ingatan yang Progresif

HATI-HATI bagi usia lanjut karena penyakit Alzheimer bisa saja menyerang seiring dengan bertambahnya usia. Gejala dari penyakit alzheimer, yakni terjadinya masalah pada penglihatan dan tidak dapat mengingat kembali kejadian-kejadian yang pernah dialami. Penyakit Alzheimer merupakan gangguan otak yang progresif tidak dapat baik. Dicirikan dengan kemerosotan secara perlahan dari ingatan,penalaran,bahasa dan fungsi fisik.Penyakit Alzheimer ditemukan peneliti pada tahun 1960 dan pada waktu itu peneliti masih belum menemukan gejala-gejala dan obatnya. Penyakit ini umunya diderita oleh usia lanjut berusia diatas 65 tahun keatas, seiring dengan meningkatnya orang yang memasuki usia lanjut. Diramalkan penyakit Alzheimer dapat meningkat untuk tahun-tahun yang akan datang secara kasar pada 1 dari 10 penderita Alzheimer. Penyakit ini diwariskan.

Rata-rata penyakit ini diderita 50% keturunan dari seseorang dengan bentuk hereditas yang mengandung penyakit ini. Keluarga-keluarga yang terjangkit penyakit Alzheimer memiliki tiga kali kemungkinan mengalami kasus-kasus down syndrome, suatu bentuk lain dari gangguan mental. Begitu pula pada keluarganya.

Para peneliti sejauh ini belum berhasil mengisolasi gen yang bertanggung jawab. Namun mereka mendekati keberhasilan dan gen itu ada pada kromosom 21. Otak para penderita Alzheimer penuh dengan plak, yang terbentuk dari potongan-potongan sel-sel saraf dan protein, amiloidKemudian plak itu terkumpul pada tempat sel saraf berhubungan dan menghambat komunikasi diantara sel-sel saraf.

Namun tidak diketahui apakah flak tersebut menyebakan Alzheimer atau merupakan efek sekunder yang disebabkan faktor-faktor lain. Hal lain yang juga salah yakni asetikoline. Satu strategi untuk untuk merawat para pasien Alzheimer adalah dengan melibatkan penggunaan obat-obatan untuk menghalangi jalur yang mengarah pada pembungkusan asetikoline.

Dengan pengetahuan yang lebih banyak mengenai dasar genetik dari penyakit Alzheimer para ilmuwan optimis bahwa penyebab penyakit Alzheimer akan ditemukan dan penampakan dari gangguan ini akan berkurang. Penyakit Alzheimer ini juga berkaitan dengan died merokok, stress, luka kepala dan permasalahan-permasalahan tiroid. (infojambi.com/EZA/life span development)


0 comments: