Sunday, 24 May 2009

Hati - hati Virus Hiv

AIDS merupakan penyakit menular seksual yang memiliki akibat lebih besar dibandingkan dengan penyakit menular seksual lainnya. Aids adalah suatu bentuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Human Imunoneficiency Virus ( HIV )yang menghancurkan sistem pertahanan tubuh.Individu yang telah terjangkit HIV akan menjadi rentan terhadap kuman yang biasanya dapat dihancurkan oleh sistem kekebalan tubuh yang normal. AIDS pertama kali dikenali pada tahun 1981 di Amerika Serikat dan pada saat itu terdapat 60 kasus yang dilaporkan Pada tahun 1990 dr Frank Press,Presiden National Academy of Science ”Negara Amerika mulai kehilangan penduduknya karena AIDS”.

Menurut petugas kesehatan Federal, satu sampai setengah juta orang Amerika kini mengidap asiptomatik AIDS. Mereka yang terinfeksi oleh virus dan diduga mampu menginfeksi orang lain tetapi tidak menunjukkan gejala-gejala klinis dari AIDS.

Tahun 1989 merupakan tahun pertama dilakukan upaya untuk meneliti AIDS diantara mahasiswa dan tes yang dilakukan pada 16.861 mahasiswa menemukan 30 orang yang terinfeksi . Jika 12,5 juta mahasiswa yang masuk universitas terinfeksi dalam proforsi yang sama maka 25.000 mahasiswa mengidap virus HIV.

Para peniliti menyatakan bahwa AIDS hanya dapat ditularkan melalui hubungan seksual,penggunaan jarum suntik bersama,ataupun transfusi darah. Meskipun 90 % dari semua kasus AIDS terjadi pada laki-laki homoseksual dan pengguna obat-obatan terlarang yang disuntikkan melalui pembuluh darah amun dimungkinkan juga wanita juga tertular virus ini.

Baru-baru ini tercatat adanya peningkatan yang tidak profosional diantara para perempuan yang memilki pasangan heteroseksual dan laki-laki seksual pengguna oabat-obatan terlarang yang disuntikkan kepembuluh darah. Peningkatan ini menunjukkan bahwa resiko tertular AIDS mungkin meningkat diantara individu heteroseksual yang memilki banyak pasangan seks. (infojambi.com/EZA/Life Span Development)


0 comments: