Friday, 29 May 2009

Proses Penyesuaian Frustasi Dan Konfilk

FRUSTASI dan konflik merupakan sesuatu yang sering dialami seseorang dalam menajalani kehidupan. Jika belum mengalami frustasi dan konflik mungkin anda belum bisa dikatakan terlibat dalam kehidupan.Lalu Bagaimana menghadapi konflik dan frustasi yang dialami sehari-hari?mungkin berbagai cara telah anda lakukan untuk mengatasi konflik dan frustasi,namun usaha yang anda lakukan belum juga berhasil.Frustasi dan konflik yang berakar lebih dalam akan menjurus kepada perkembangan usaha-usaha yang tidak sadar berupa mekanisme pertahanan diri.

Menurut buku Psikatri bersamaan dengan frustasi dan konflik yang menimbulkannya maka mekanisme pertahanan ini merupakan unsur-unsur yang penting dalam struktur kepribadian seseorang.

Lebih lanjut dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa usaha penyesuaian yang paling sering dipergunakan untuk menyesuakan diri secara sadar menghadaapi frustasi dan konflik yakni pertama memperkuat usaha mengatasi rintangan,kedua memperendah atau merubah tujuan. Dan yang terahkir secara realistis menilai suatu situasi frustasi dan konflik.

Dan penyesuaian frustasi dan konflik ada yang dilakukan secara sadar dan ada pula yang dilakukan secara tid0ak sadar.(infojambi.com/Eza/buku Psikiatri)


0 comments: