Thursday, 11 June 2009

Retardasi Mental Adalah Gangguan Intelegensi

APA itu retardasi mental? Ya mungkin sekarang anda berusaha untuk mencari jawaban mengenani gangguan intelegensi ini.Retardasi mental merupakan keadaan dengan intelegensi kurang sejak masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa kanak-kanak) atau keadaan kekurangan intelegensi sehingga daya guna social dan dalam pekerjaan seseorang menjadi tergangguDi dalam psikologi keperawatan (Drs.Sunaryo,M.Kes) dijelaskan bahwa beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab dari retardasi mental.Jika ditinjau dari jenisnya maka yang pertama adalah retardasi mental primer. Kemungkinan faktor keturunan(retardasi mental genetik) dan kermungkinan tidak diketahui (retardasi mental simpleks).

Kedua yakni retardasi mental sekunder. Faktor lain yang diketahui dan mempengaruhi otak (prenatal,perinatal,dan postnatal), misalnya infeksi, rudaksa.gangguan metabolisme/gizi, penyakit otak, kelalinan kromosom, prematuritas dan gangguan jiwa.

Selanjutnya menurut kesepakatan Asosiasi Keterbelakangan Mental Amerika Serikat ada 6 tingkat dari retardasi mental yang dikemukakna Sarwono Sarlito Wirawan, yakni pertama retardasi mental lambat belajar IQ= 85-90, kedua retardasi mental taraf pertengahan IQ=70-84, ketiga retardasi mental ringan IQ=55-69, keempat retardasi mental sedang IQ=36-59, kelima retardasi mental berat IQ=20-35, dan yang terahkir yakni retardasi mental sangat berat yang IQ=0-19. (infojambi.com/Eza/Psikologi Keperawatan)


0 comments: