Tuesday 9 February 2010

KLAIM DAERAH UNTUK JADI IBU KOTA KERINCI TERUS BERLANJUT

SEMURUP-Permasalahan mengenai letak ibu kota Kerinci nampaknya kini menjadi isu hangat masyarakat Kerinci,saling mengklaim wilayahnya paling cocok untuk menjadi ibu kota terus berlanjut.
Kini giliran masyarakak Air Hangat Timur yang mengatakan bahwa wilayahnya merupakan daerah yang strategis untuk wilayah ibu kota Kerinci karena berada di tengah-tengah. Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan 06/02/10 yang dihadiri oleh tokoh-tokoh Air Hangat Timur dan anggota DPRD Kerinci, masyarakat Air Hangat Timur secara tegas mengusulkan wilayahnya untuk menjadi kota kabupaten Kerinci.
Limin ketua BPD Kemantan hilir mengaku bahwa masyarakat Air Hangat Timur telah menyediakan lahan untuk komplek perkantoran dan pusat kota Kerinci nantinya, namun jika usulan ini tidak dipenuhi maka pihaknya akan mengancam akan kembali gabung dengan kota sungai penuh.
Ditempat lain Nopantri SP yang dihubungi Info Semurup via ponsel mengaku idealnya yang paling cocok menjadi kota adalah Semurup karena wilayahnya ini tepat berada ditengah-tengah dan mudah diakses dari berbagai arah, selain itu fasilitas umum yang lengkap menjadi nilai jual tinggi Semurup layak jadi kota kabupaten. Menurut sejarah Semurup dahulunya juga merupakan ibu kota distrik Kerinci hulu jadi untuk itu Semuruplah yang paling cocok menjadi ibu kota.
Perlu diketahui untuk menjadi ibu kota bukanlah masalah tersedianya lahan untuk perkantoran saja tetapi perlu diperhatikan aspek lainnya seperti social,ekonomi,dan pendidikan, dan untuk masalah ini semurup telah memenuhi kriteria.(EZA)



2 comments:

arkirider said...

Za, aku raso payah kalu kito smuhut jadi ibu kota. lagipulo informasi terakhir yang aku dapat, Bupati Murasman setuju kalu ibu kota di letak di kinci ili. Walaupun banyak anggota DPR uhang smuhut yang duduk, kalu dikimak mental para anggota DPR kito yang mental krupuk n mudah digoda dengan iming-iming uang, aku raso kecik kemungkinan za. Cubo kimak, proyek apu dengan ado kito dapat, mano ado? Ntahlah kalu pandangan iko lain. Baleh yo.

Muhammad Reza said...

Kalo ibu kota hilir b'arti samo bae dgn mna krinci tmbh dak maju..dak bnr kalo bupati tu deal di hlr ibukota krnc..bhkan orng sulak jgo stuju jk smurup ibukota krnci aslkn kt mudik yg ibu kota..bhkn kto mudik lah do lahan utk kntr di mukai,n smuhut kemungkinan bsar dpt kantor polres n terminal,pasar kt jugo bkal do'a..insya allah kto do'a ka bae anggt DPR kto dak sprt yg kt pikirkan..jangan memandang dr segi proyek krn daerah hlr pantas utk dpy proyek krn knds pembngunanx dak bgs,tp lht sapo kntraktor yg dpt proyek?