Sunday 26 February 2017

BERJALAN HIJRAH

Dulu Bengkulu hanya dalam mimpi. Sekarang benar-benar tinggal di Bengkulu. Membuka peta hidup yang pernah ditulis. Bengkulu memang tidak pernah ada di dalam catatanku, tetapi ssetahun yang lalu saya memimpikan dapat ke daerah ini. Ternyata Allah mengijabah hal ini. Memberi kesempatan menetap di Bengkulu. Malah diberi bonus kesempatan ke daerah-daerah lainnya. Bersyukur satu persatu yang ada di peta hidup terwujud, tentunya ini semua berkat usaha, doa, ikhtiar yang di jalankan.

Niat yang lurus, kesungguhan diri, dan kemantapan hati kunci mewujudkan impian, meskipun tak semua impian harus terwujud karena Allah memberi sesuai dengan apa yang di butuhkan hambaNYA.

Dalam perjalananan ini tidak sedikit ujian yang dilalui, namun saya selalu tumbuhkan keyakinan dalam diri bahwa Allah menguji sesuai kemampuan, dan Allah akan selalu memberi pertolongan di waktu yang tepat.

Betapa bersyukur saya dengan pekerjaan sekarang. Pekerjaan yang menyita tenaga dan waktu karena sering ke daerah-daerah baru.
Pekerjaan yang mesti dinikmati, dijalani yang memberi banyak kesempatan untuk belajar hal-hal baru.

Dalam Islam pun, kita dianjurkan untuk berjalan hijrah, sehingga kita bisa lebih banyak melihat, mendengar, dan memahami tentang segala ciptaan Allah dan berbagai tanda-tanda kebesaran-Nya. Yang dengan begitu maka akan bertambah pula ketaqwaan kepada Allah Swt.

Jadi, kesempatan bekerja sebagai rekruiter yang sering visit ke cabang-cabang yang ada di daerah-daerah mesti dimanfaatkan dengan sebaik mungkin selagi diberi kelapangan waktu dan rezeki untuk bisa berkunjung ke daerah-daerah, maka seharusnya yang utama bukanlah untuk berfoto agar dilihat orang lain, bukan pula untuk update status agar diketahui orang lain. Allah memberikan karunia pekerjaan sebagai Rekruiter berupa kesempatan berkunjung kesana tiada lain adalah sebagai kesempatan melihat lebih banyak tanda-tanda kekuasaan dan Kebesaran-Nya.

Berkunjung ke daerah-daerah selain sebagai tanggung jawab pekerjaan, hal ini juga sebagai kesempatan memperluas tali silaturrahmi dengan orang-orang baru dari latar belakang yang berbeda. Tak lupa diwaktu luang pekerjaan, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat-tempat,  sehingga menambah wawasan baru, mengambil pelajaran tentang sejarah, tentang peristiwa-peristiwa yang pasti tiada yang bisa mengizinkan semua itu terjadi kecuali Allah Swt.

Sesungguhnya tanda-tanda kekuasaan Allah tersebar luas, di dekat kita dan di tempat yang jauh dari kita. Di tengah kesibukan pekerjaan, saya senantiasa memanfaatkan setiap kesempatan perjalanan untuk mengambil pelajaran dari setiap apa yang saya lihat. Sungguh, tiada yang Allah ciptakan secara sia-sia. Semoga kita termasuk orang-orang yang terampil mengambil pelajaran dari setiap hal yang kita lihat, dengar dan alami. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

0 comments: