Sunday 26 February 2017

Ketangguhan Pribadi Mahasiswa Semester Akhir

Tahun 2011 ini merupakan semester terakhir (8) aku di psikologi UNP (Universitas Negeri Padang), (moga semester 8 memang benar adalah semester terakhir bagiku, amin). Besar harapan aku bisa menyelesaikan studi tepat waktu. Sekarang hari-hari aku lalui dengan proposal skripsi, semangat untuk wisuda dan membanggakan keluarga merupakan motivasi aku untuk merampungkannya.

Aku optimis, yakin bahwa aku pasti bisa melewati semua ini dengan usaha yang aku lakukan. Aku harus menjadi pemenang dalam "pertarungan" ini. hal ini memang tak mudah, namun bila kita tekun dan yakin pasti bisa, aku harus menjadi pribadi tangguh.
Pribadi tangguh adalah orang yang mempunyai ketabahan hal ini sesui dengan yang dikatakan oleh kobasa yang mengemukakan konsep Hardiness, orang yang memiliki hardiness  memiliki pengertian akan hidup dan komitmen yang tinggi akan pekerjaan, memiliki kontrol akan perasaan yang baik dan terbuka akan berbagai kesempatan dan tantangan dalam hidup.

Jika dihubungankan dengan Tugas akhir "Skripisi" maka sesuai dengan teori diatas maka kita harus menghadapinya sebagai tantangan daripada mengangapnya sebagai kesulitan, jika kita memilki komitmen dan pengertian, serta kontrol terhadap perasaan kita, maka kita akan menganggap skripsi sebagai tantangan yang harus kita hadapi, bukan menganggapnya sebagai kesulitan. 
Hardiness berhubungan dengan beberapa dimensi ketahanan, ketabahan individu yang lebih luas dalam menghadapi masalah. Hardiness pada individu terutama terlihat pada komitmen, pengendalian dan persepsinya terhadap masalah-masalah sebagai tantangan. Selain itu individu juga mampu beradaptasi secara sehat dengan lingkungan yang memberikan tekanan-tekanan timbulnya stres. Hardiness  tergambar dalam 3 dimensi (Kobasa) yakni :
1.  Control atau keyakinanan bahwa individu dapat mempengaruhi apa saja yang terjadi dalam hidupnya.
2.  Commitmen atau kecendrungan melibatkan diri dalam aktivitas yang dihadapi dan bahwa hidup itu memilki makna dan tujuan, dan.
3.  Challenge atau pengertian bahwa hal-hal yang sulit dilakukan atau diwujudkan adalah Sesutu yang umum terjadi dalam kehidupan namun pada akhirnya akan datang kesempatan untuk melakukan dan mewujudkan hal tersebut.

Insya allah jika kita Sabar, ulet, rendah hati, dan memiliki ketangguhan pribadi, maka apa yang sedang kita hadapai akan kitat lalui dengan mudah....

"keep sprit juga  untuk teman-teman yang lainnya yang sedang menyelesaikan tugas akhir"

0 comments: