Sunday 30 November 2008

Penampakan Jin Di Gunung Kerinci


Penampakan jin di Gunung kerinci diyakini oleh masyarakat setempat sebagai penghuni gunung merapi tertinggi di Sumatra itu.Percaya atau tidak foto ini menunjukkan buktinya


Read more >>

Januari 2009 Depati Parbo Beroperasi Kembali


KERINCI – Awal Januari 2009 mendatang Lapangan terbang Depati Parbo, Kerinci akan kembali beroperasi, dengan rute Padang, Kota Jambi dan Batam. Pengoperasian bandara yang berlokasi di Hiang, Kecamatan Sitinjau Laut itu diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ir. Djusman Syafii Jamal, Sabtu (29/11).Menhub menyebutkan, dengan berfungsi kembali lapangan terbang Depati Parbo diharapkan bisa meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.” Saya kenal betul bahwa hasil pertanian Kerinci berupa kentang dan kayu manis, tapi tidak bisa dibawa keluar, karena terkendala transportasi. Dengan dioperasikannya bandara, diharapkan kendala transportasi bisa diatasi,” ujara Djusman.

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten II Setda Provinsi Jambi, Anggota DPR RI utusan dari Provinsi Jambi yang juga merupakan putra daerah Kabupaten Kerinci Rijal Djalil, Unsur Muspida Provinsi Jambi, Bupati Kerinci beserta Wakil Bupati Kerinci, Ketua DPRD Kabupaten Kerinci, Anggota Muspida dan Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kerinci, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Kepala Badan/Dinas/Bagian serta Camat Lingkup Pemda Kabupaten Kerinci dan para undangan lainnya.

Ditambahkan Menhub RI, sampai saat ini Bandara Depati Parbo belum dapat melayani penerbangan berjadwal dengan menggunakan pesawat Foker-50, maka perlu beberapa perbaikan diantaranya : a. Penyiapan fasilitas peralatan Pertolongan Kecelakaan Pesawat Pemadam Kebakaran (PKP-PK) yang sesuai dengan kebutuhan operasional pesawat Foker-50, b. Penyempurnaan permukaan dan marka landas pacu (runway) dengan melakukan pekerjaan yang salah satunya adalah overlay sepanjang 1.400 m serta perbaikan fasilitas sisi udara lainnya seperti shoulder, apron dan taxiway, c. Pengamanan terhadap lalu hewan maupun penduduk lokal di lokasi bandara. Walaupun masih terdapat perbaikan yang harus dilakukan di bandara ini, namun hendaknya tidak membuat kita cepat mudah menyerah dengan kondisi yang ada akan tetapi justru dapat dijadikan pendorong untuk menuju ke gerbang kemakmuran.

Bupati Kerinci H. Fauzi Siin mengatakan, proyek pembangunan lapangan terbang ini mengunakan anggaran APBD Kerinci dan APBD Propinsi Jambi serta bantuan pemerintah pusat. Pengoperasian kembali bandara ini untuk mengantisipasi jauhnya jarak antara Kerinci dengan Ibu Kota Provinsi serta daerah-daerah lainnya. “ Agar kehadiran Bandara ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kerinci yang juga selama ini terkendala dengan transportasi, seperti membawa hasil pertanian ke luar daerah,” ujarnya.

Fauzi berharap melalui Menteri Perhubungan bisa dikucurkan lagi dana pusat untuk pengembangan lapangan terbang Depati Parbo. “Diharapkan pemerintah pusat membantu lagi untuk pengembangan lapangan terbang Depati Parbo, yang diperkirakan sekitar Rp 91 miliar ” kata bupati.

Bupati Kerinci H. Fauzi Siin dalam sambutannya mengatakan, dalam pelaksanaan pengembangan bandara Depati Parbo ini, Pemerintah Kabupaten Kerinci telah berupaya melakukan berbagai terobosan guna mewujudkan harapan dan tujuan bersama agar jembatan udara ini dapat menghubungkan Kabupaten Kerinci dengan daerah luar. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain adalah Pertama, penghitungan master plan Bandar Udara Depati Parbo Kabupaten Kerinci yang telah dikerjakan dengan empat tahap pengembangan pembangunan, Kedua, penyusunan rencana RPT secara bertahap sampai tahun 2008 yang dimulai dengan kegiatan rehabilitasi bandara, perpanjangan dan peningkatan landasan pacu bandara. Ketiga, pelaksanaan kegiatan fisik setiap tahun yang dimulai dari tahun 2003 sampai sekarang yaitu dari total luas lahan 100 Ha yang direncanakan untuk sisi udara 60 Ha dan sisi darat 40 Ha, kondisi sekarang baru dilaksanakan lebih kurang 33 Ha sesuai dengan kemampuan keuangan pusat, provinsi dan kabupaten. Pembangunan fasilitas sisi udara (runway) yang dapat didarati berdimensi panjang 1.400 m dan lebar 30 m yang ditingkatkan menjadi 1.800 m dan lebar 30 m dari rencana terpanjang 1.950 m dan lebar 30 m, ini dilakukan mengingat kecenderungan permintaan lalu lintas angkutan udara yang terus meningkat terutama pelayanan pesawat jenis M-50 atau Foker-50. Kelima, memantapkan storing area seluas 1.600 m persegi, taxiway dan apron yang masih menggunakan fasilitas lama sebelum terealisasi rencana pembangunan terminal di bagian tengah yang dilaksanakan. Keenam, peningkatan daya dukung disesuaikan dengan pesawat yang diizinkan diantaranya seperti M-12, jadi sekarang hanya bisa didarati oleh pesawat jenis Foker-50. Walaupun panjangnya bisa didarati oleh pesawat jenis Foker-100 atau RG-100 tetapi daya dukungnya masih perlu di dua kali lipatkan dari sekarang.(ij-10)

sumber infojambi.com
Read more >>

Thursday 27 November 2008

WISATA KERINCI






Obyek Wisata Alam

TAMAN NASIONAL KRINCI SEBLAT

Taman Nasional Kerinci Seblat luasnya sekitar 1.386.000 hq dan di Kab. Krinci. Luas Taman Nasional Krinci ini mencapai 215.000 ha. Pusat dari daya tarik Taman Nasional ini sebagian besar berada di Kab. Kerinci karena ditemukan berbagai ragam hayati daerah tropis dan sebagai kawasan konservasi/ hidrologi.

Di hutan yang lebat terdapat lebih kurang 139 jenis burung, 36 jenis mamalia, 10 jenis reptilian, 6 jenis ampibia dan 8 jenis primata. Dari semua jenis fauna tersebut, diantaranya terdapat yang di lindungi dari kepuanahan, seperti Badak Sumatera (Dicerorhinus Sumatrensis), Kambing Hutan (Capricornis Sumatrensis), Harimau Sumatera ( Panthera tiger Sumatrensis) dan Gajah Sumatera (Elepas Maximus Sumatrensis)Tak kalah menarik dari itu semua adalah terdapat berbagai jeni flora yang mencapai sekitar 4000 spesies, yang spesifik diantaranya adalah Pinus Mercusii Strain Kerinci, Kayu Pacet (Harpullia Arborea) yang memiliki warna yang sangat menarik. Bunga Raflesia (Raflesia Arnoldi), Bunga Bangkai ( Amorphophalus Titanum) yang merupakan bunga tertinggi di dunia.

GUNUNG KERINCI

Merupakan gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3.805 m dari permukaan laut. Gunung ini mempunyai banyak misteri dan keunikan yang merupakan gunung api tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Luas kawasan yang dimiliki berukuran ± 580 m x 600 m dengan kondisi air sawah yang berwarna hijau kekuning-kuningan, suhu terendah diatas puncak gunung mencapai 5°C. Pada hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus dan pada hari libur pendidikan nasional banyak dikunjungi oleh pendaki-pendaki gunung.

Untuk mencapai puncak agunung Kerinci di perlukan waktu 8-10 jam dengan pemberhentian (selter) sebanyak 4 buah. Sesampainya di puncak gunung ini akan terlihat panorama alam yang menakjubkan, indah dan menarik. Untuk mencapai Kerinci dari kota Sungai penuh harus menempuh jarak lebih kurang 49 km.

DANAU GUNUNG TUJUH

Secara ilmiah Danai Gunung Tujuh merupakan danu vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi di masa lampau. Danau ini berada di ketinggian 1.996 m dari permukaan laut dan merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danu ini berukuran panjang 4,5 km dan lebar 3 km yang dikelilingi oleh 7 buah gunung dengan puncak tertinggi 2.732 m dari permukaan laut. Kawasan danau ini merupakan kewasn Taman Nasional Kerinci Seblat yang menjadi salah satu keanekaragaman hayati. Objek wisata petualangan ala mini sering dijadikan tempat berkemah bagi para mahasiswa, pelajar dan wisatawan. Daya tarik kawasan ini meliputi keindahan alam yang mempesona serta udara yang sejuk dan bersih. Objek wisata ini berjarak lebih kurang 51 km dari Kota Sungai Penuh.

DANAU BELIBIS

Danau yang memiliki luas lebih kurang 2 Ha terletak di Lereng Gunung Kerinci dan merupakan danau vulkanik yang menawan. Kondisi alam pegunungan masih asli dan merupakan salah sdatu objek wisata yang mempunyai daya tarik khusus untuk di kunjungi.

Danau yang indah ini merupakan tempat minum berbai jeni satwa dasn tempat berkumpulnya Belibis. Danu Belibis dapat dicapai melalui Desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru. Jarak dari Kota sungai penuh lebih kurng 52 km.

DANAU KERINCI

Danau Kerinci merupakan Danau terbesar yang terdapat di Kabupater Kerinci dengan luas 4.200 Ha. Dari sepanjang pantai danau dapat dilihat pemandangan yang indah ke tengah danau dimana perahu-perahu nelayan sedang menangkap ikan. Danau ini oleh masyarakat di sekitar danau menjadi tumpuan tempat mencari nafkahdalam memenuhi ikan bagi masyarakat Kerinci. Penangkapan ikan dilakukan secara tradisional, diantaranya yang sngat unik adalah mengakap ikan dengan menyelan yang dilakukan pada malam hari tanpa menggunkan alat bantu pernapasan (tabung Oksigen).

Kawasan danau merupakan tempat rekreasi yang menarik, seperti memancing, berenang dan juga berkemah. Sebagian aktivitas lain dapat dinikmati sambil menyantap makanan khas danau yang tersedia di restoran-restoran sekitarnya. Danau ini terletak di tengah lembah kerinci yang berjarak 16 km dari Kota Sungai Penuh.

DANAU LINGKAT

Danau yang masih alami ini terletak di pinggir hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang berdekatan dengan Desa Lempur Mudik. Luasnya lebih kurang 12 ha pada ketinggian 1.100 m dari permukaan laut. Untuk mencapai objek wisata ini dapat menggunakan bus umum. Hal yang menarik pada objek wisata ini, yakni masih dapat di dengar suara binatang seperti, Siamang dan yang lainya ketika matahari bersinar. Menjelajahi danau dengan rakit dan melihat batu yang unik berwarna-warni didasar danau yang dapat dilihat dari permukaan air.

AIR TERJUN TELUN BERASAP

Air terjun Telun Berasap merupakan objek wisata yang letaknya di perbatasan Kabupaten Kerinci dengan Kabupaten Solok Sumatra Barat. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Jarak dari Kota Sungai Penuh 60 Km. Sumber air terjun ini berasal dari Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian lebih kurang 50 m. objek wisata in I merupakan suatu kawasan yang sangat menarik. Banyak dikunjungi para wisatawan domestic san wisatawan asing. Butiran-butiran uap-air yang menyerupai asap dan pelangi yang berwarna indah tatkala matahari memantulkan sinarnya ikut menghiasi air terjun. Untuk mencapai lokasi yang dekat dengan air tejun harus melalui tangga yang telah ditata dengan baik

PANCARO RAYO DAN PANCURAN GADING

Dayatarik air terjun berketinggian lebih kurang 150 m ini berupa hujan embun yang tercipta akibat ketinggiannya serta kolam pemandian alam yang unik dan menarik. Kondisi hutan disekeliling air terjun ini masih alami dan merupakan habitat tumbuhan rotan yang di manfaatkan sebai bahan baku pembuatan meubel dan kerajinan lain.

Desa Lempuh Danau dan Desa Pulau Tengah merupakan dua desa yang berdekatan dengan objek wisata ini. Dari kedua desa yang dimaksud akan mudah untuk mengunjungi air terjun Panco Rayo dan Pancuran Gading. Perjalanan dari kota Sungai penuh sejauh lebih kurang km untuk mencapai kedua desa tersebut.

AIR TERJUN TUJUH TINGKAT

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan cros country atau wisata alam, objek wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan itu. Untuk mencapai objek wisata, wisatawan harus melewati hutan produksi kayu manis dan hutan lindung.

Seperti namanya obyek wisata memiliki air terjun tujuh tingkat. Air terjun tujuh tingkat pertama tingginya lebih kurang 6 m yang merupakan air sungai yang jatuh pada tebing terjal. Menyusuri sungai ini ke arah hulu akan ditemui pula air terjun tingkat kedua yang tingginya 50 m dan air yang jatuh seperti butir-butir uap air. Seterusnya pendakian dapt dilakukan sampai ketingkat ketujuh melalui hutan lindungyang banyak terdapat tumbuhan-tumbuhan hutan manau. Bagi petualang pemula cukup sampai ke air terjun tingkat kedua.

Desa Koto Tebu Tinggi atau Desa Mukai Tinggi Kecamatan Gunung Kerincvi merupakan tempat permulaan perjalanan ke air terjun tingkat ini. Untuk mencapai kedua desa tersebut harus menempuh perjalanan jauh lebih kurang 16 km dari Kota Sungai Penuh dengan kendaraan Bus.

RAWA LADEH PANJANG

Rawa Ladeh Panjang hamparan lahan basah dengan luas lebih kurang 150 ha terletak pada ketinggian 1.950 m dari permukaan laut. Bagi pecinta dan pengamat binatang dapat menjumpai satwa liar, seperti Harimau Sumatra, Kambing Hutan, Rusa, Babi Hutan, dan berbagai jenis burung.

Untuk mencapai Rawa Ladeh Panjang dapat menggunakan bus dari kota Sungai Penuh sampai Desa Kebun Baru Kecamatan Kayu Aro lebih kurang 40 km perjalanan. Selanjutnya bejalan kaki selama 4-5 jam menuju obyek wisata. Disekitar lokasi obyek wisata Rawa Ladeh Panjang terdapat beberapa buah danau atau telaga ber air jernih merupakan tempat satwa minum dan beristirahat.

PERKEBUNAN TEH KAYU ARO

Perkebunan teh Kayu Aro merupakan perkebunan the yang terbesar di dunia dengan luas 3.020 m yang terhampar dari kaki gunung kerinci. Perkebunan teh dengan segala aktivitasnya merupakan obyek wisata agro yang menarik. Kegiatan pemetikan teh dan proses pengolahan teh menjadi produk yang siap di pasarkan merupakan atraksi yang menarik untuk dilihat.

Pada perkebunan teh Kayu Aro terdapat pula tempat rekreasi telaga yang dikelilingi pohon-pohon besar dengan Aroma Pecco. Dihari libur taman rekreasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

PANORAMA BUKIT TAPAN & BINA KARYA

Buki Tapan atau Bina Karya merupakan habitat endemic Kayu Pinus Strain Kerinci. Kayu Pinus memberi manfaat berupa getahnya berupa getahnya sebagai bahan baku utama pembuatan Gundrukem (bahan batik) dan terpenting, sedang kayunya di ekspor dipasaran Eropa. Dari Bukit Tapan atau Bina Karya dapat di lihat panorama keindahan alam Kerinci yang mengagumkan. Danau kerinci dan bentangan petak-petak sawahserta desa-desa tempat tinggal penduduk yang bertebaran dapat dilihat dari obyek ini.

SUMBER AIR PANAS SEMURUP

Obyek wisata ini terletak didesa Air Panas Baru Kec. Air hangat 11 m dari Kota Sungai Penuh. Air Panas yang keluar dari perut bumi merupakan hasil kegiatan Vulkanik, dengan luas permuaan lebih kurang 15 m² membentuk kolam kecil yang selalu mengepulkan uap.

Kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke obyek ini, yakni merebus telur dan pisang. Disamping itu, ada fasilitas kamarmandi yang digunakan untuk berendamguna penyembuhan penyakit kulit (health tourism). Tidak jauh dari obyek utama terdapat pula sumber air panas yang unik ramai dikunjungi oleh wisatawan.

TANJUNG PELITA

Tanjung Pelita adalah sebuah Tanjung yang terletak dipinggir Danau Kerinci berjarak ± 25 km dari Kota Sungai Penuh. Tanjung ini memiliki ketinggian ±20 m dari permukaan danau. Dari sini dapat terlihat pemandangan indah kearah danau. Tanjung Pelita merupakan taman rekreasi yang ramai di kunjungi oleh wisatawan, karena terdapat tempat-tempat santai dan merupakan tempat berkemah.

PERKEBUNAN KAYU MANIS (Cassiavera)

Diantara andalan agrowisata Kabupaten Kerinci adalah perkebunan Kayu Manis yang tersebar di Pegunungan Kerinci . Kayu Manis dikenal pela dengan nama Cassiavera atau Cinanoum Burmanni. Hal yang menarik dari kegiatan agro wisata ini adalah melihat proses pembuatan Kayu Manis, mulai dari pengulitan dari batang pohonnya sampai pada tahap-tahap penyortiaran. Kayu Manis merupakan bahan baku rempah, obat-obatan dan minuman.

Kulit Manis Kabupaten Kerinci adalah komoditi ekspor yang dipasarkan kenaegara Amerika, Jepang, Jerman, Belanda, Belgia, Venezuella, Hungaria, Mexiko, Yunani, Kanada dan Singapus. Ekspor katu Manis Indonesia 85% dipenuhi oleh Kulit Manis yang berasal dari Kabupaten Kerinci.

GOA KASAH

Merupakan sebuah Goa yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan jarak terdekat dari Desa Kersik TuoKecamatan Kayu Aro ±5 km. Goa ini merupakan habitat Kelelawar dan beberapa spesies burung. Di dalam goa terdapat relif yang menggambarkan antara lain wanita dan seekor binatang, serta sebuah tempat duduk dari batu.

Ruang utama berbentuk kubah ukuran 8 x 15 m dengan tinggi 15 m. menurut pengalaman para ahli, goa ini merupakan tempat tinggal manusia purba pada ratusan tahun lalu.

Obyek Wisata Budaya

MESJID AGUNG PONDOK TINGGI

Kota Sungai Penuh merupakan Ibukota Kabupaten Kerinci yang dikenal dengan nama Kota Sakti. Kota Sakti ini memiliki arti Sejuk, Aman, Kenangan, Tertib dan Indah. Di Ibukota inilah Mesjid Agung Pondok Tinggi berada, yang terletak 500 m dari jantung kota .

Mesjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1874 M secara gotong royong oleh penduduk Pondok Tinggi, pada masa itu diberi dinding yang terbuat dari bamboo dan beratap ijuk. Pada tahu 1890 oleh masyarakat setempat diadakan renovasi dengan mengganti didingnya dengan kayu berukir.

Keunikan mesjid ini dibangun tanpa menggunakan paku besi tetapi dengan cara memadukan antara kayu yang satu dengan yang lainnya dengan pasak kayu sehingga dapat berdiri dengan mudah. Ornament yang digunakan didalamnya maupun diluar bangunannya menggunakan kombinasi antara seni ukir Persia , Roma, Mesir dan Indonesia . Mesjid ini dapat menampung lebih dari 2000 orang jemaah.

BATU BERUKIR dan BATU MEGALITIK

BTU Berukir dan Batu Lesung terletak di Desa Muak Kec. Gunung Raya yang berjarak 23 Km dari kota Sungai Penuh. Lokasi ini dapat di capai dengan menggunakan Bus Umum. Batu Berukir dengan gambar kuda, gajah dan Onta yang diperkirakan merupakan peninggalan sejarah abad III dan IV masehi. Obyek ini menggambartkan kebudayaan pada masa jaman Budha.

Selain Batu Berukir disekitar Desa Muak banyak ditemukan batu-batu dengan motif yang lain seperti Batu Gong, Batu Lesung, Batu Patah, Batu Dgu dan Batu Tangkup. Dengan banyak ditemukannya peninggalan sejarah dengan mitif yang beragam memberi gambaran kuat adanya pusat kegiatan budaya pada masa silam disekitar Desa Muak, hal ini sangat menarik untuk dikunjungi dan diteliti lebih lanjut.

UPACARA ASYEIK

Upacara Asyeik adalah upacara ritual, penyelengaraannya dilaksanakan sesuai dengan arti nama tarian ini “Asyeik/Khusuk”. Tarian ini merupakan Upacara Persembahan untuk roh nenek moyang yang telah lama meninggaldengan menyediakan sesajian berupa makanan dari nasi putih, nasi kuning, nasi hitam, telur ayam, telur bebek. Lemang lepat, ayam panggang, air jeruk, bermacam-macam bunga,daunsirih dan lain-lainnya serta dilengkapi dengan sebilah keris.Upacara ini biasanya dilaksanakan jika ada orang ditimpa musibah atau mendapat rahmat.

TARI RANGGUK

Tari Rangguk ini merupakan tarian spesifik Kerinci yang Populer. Tari ini umumnya ditarikan oleh beberapa orang gadis remaja sambil memukul rebana kecil, tari ini diiringi dengan nyanyian sambil mengangguk-anggukkan kepala seakan memberikan hormat.

Tari Rangguk dilakukan pada acar-acara tertentu seperti menerima kedatangan Depati (tokoh adat Kerinci),tamu dan para pembesar dari luar daerah. Kadang-kadang Tari Rangguk dilakukan dilapangan terbuka diikuti dengan menabuh rebana dan gong beser.

Tarian ini merupakan tarian masal yang dilakasanakan pada saat :

* Keduri Sko (Pusaka) pengangkatan / pemberian Gelar Adat (Rio Depati, Mangku, Datuk, dsb) kepada anak jantan yang dipilih oleh anak batino dari suatu suku / pintu / luhah untuk memimpin negeri.
* setelah panen raya padi sawah.
* Penyambutan tamu-tamu Agung Negeri yang dating berkunjung ke Bumi Sakti Alam Kerinci.

Tari iyo-iyo dibawakan oleh anak batino (perempuan) dengan gerakan yang sangat gemuali diiringi dengan lagu (Tale) ditingkah suara gendang (tambur) dan bunyi gong. Pembukaan tari iyo-iyo ini diawali dengan atraksi pencak silat yang disaksikan oleh sesepuh / tertua adapt serta tamu undangan lainnya.Tarian ini dilaksanakan anak negeri sebagai ucapan kegembiraan atas pengangkatan pemimpin adat mereka.

TARI TAUH

Tarian ini merupakan tarian khas Daerah Lekuk 50 Tumbi Lempur Kecamatan Gunung Raya, biasanya diselenggarakan pada saat ada perayaan-perayaankenduri Sko penyambutan tamu.

Tarian ini dibawakan laki-laki dan perempuan (berpasang-pasangan) sering dilakukan sambil berdiri dan diiringi dengan misik rebab.gong dan nyanyian klasik yang disebut mantun yang mengisahkan Kehidupan masyarakat Desa, Percintaan, Adat istiadat dan lain-lain. Para penari menggunakan busana khas Lumpur yang berwarna hitam atau coklat serta memakai tutup hiasan perak. Tari Tauh acap dilakukan dilapangan terbuka namun ada juga didalam ruangan hal itu sesuai dengan waktu dan acara.

PENCAK SILAT

Pencak silay ada yang dilakukan tunggal, bepasangan atau empat lawan satu dan para Pendekar ini menggunakan pedang dan Keris yang tajam, serta memakai kostum dan ikat kepala berwarna hitam. Pencak Silat biasanya ditampilkan pada saat Kenduri Sko atau Kenduri Adat menyambut tamu dan pereyaan-perayaan lainnya.

TALE (NYANYIAN BERSAMA)

Tale sebutan lagu khas Kerinci sering disenandungkan pada saat acara tradisi menggali Bandar air (memperbaiki system irigasi desa) secara bergotong royong dihadiri oleh seluruh anak negeri dan Pejabat Pemerintah.

Tale merupakan kegiatan budaya masyarakat dengan mengaerjakan sawah serta ladang secara bergotong-royong diiringi oleh nyanyian secara bersama yang dimaksudkan untuk menambah gairah dan semangat bagi yang bekerja. Budaya Tale ini tidak pernah pudar dari Bumi Sakti Alam Kerinci, hal ini bias kita saksikan atau sekalian ikut ber-Tale bersama.

Sealin itu ada lagi Tale pelepasan jemaah haji, yang dilaksanakan pada saat pelepasan sanak keluarga akan berangkat ke Mekah menunaikan Rukun Islam yang ke Lima .

HASIL KERAJINAN

Karya cipta rasa masyarakat Kerinci terlihat dalam berbagai macam ragam bentuk, salah satu hasil karya dimaksud adalah Kerajinan Batik dengan motif-motif asli seperti motif daun the, motif tulisan incung, dan lain-lain.

Beberapa pusat kegiatan Home Industri dengan bimbingan dan pembinaan yang dilakukan berkesinambungan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kerinci, telah berkembang produk-produk Home Industri yang sangat unik dan menarik sebagai souvenir bagi wisatawan.

MENCAPAI KABUPATEN KERINCI

Obyek Wisata Budaya

MESJID AGUNG PONDOK TINGGI

Kota Sungai Penuh merupakan Ibukota Kabupaten Kerinci yang dikenal dengan nama Kota Sakti. Kota Sakti ini memiliki arti Sejuk, Aman, Kenangan, Tertib dan Indah. Di Ibukota inilah Mesjid Agung Pondok Tinggi berada, yang terletak 500 m dari jantung kota .

Mesjid ini dibangun pertama kali pada tahun1874 M secara gotong royong oleh penduduk Pondok Tinggi, pada masa itu diberi dinding yang terbuat dari bamboo dan beratap ijuk. Pada tahu 1890 oleh masyarakat setempat diadakan renovasi dengan mengganti didingnya dengan kayu berukir.

Keunikan mesjid ini dibangun tanpa menggunakan paku besi tetapi dengan cara memadukan antara kayu yang satu dengan yang lainnya dengan pasak kayu sehingga dapat berdiri dengan mudah. Ornament yang digunakan didalamnya maupun diluar bangunannya menggunakan kombinasi antara seni ukir Persia , Roma, Mesir dan Indonesia . Mesjid ini dapat menampung lebih dari 2000 orang jemaah.

BATU BERUKIR dan BATU MEGALITIK

BTU Berukir dan Batu Lesung terletak di Desa Muak Kec. Gunung Raya yang berjarak 23 Km dari kota Sungai Penuh. Lokasi ini dapat di capai dengan menggunakan Bus Umum. Batu Berukir dengan gambar kuda, gajah dan Onta yang diperkirakan merupakan peninggalan sejarah abad III dan IV masehi. Obyek ini menggambartkan kebudayaan pada masa jaman Budha.

Selain Batu Berukir disekitar Desa Muak banyak ditemukan batu-batu dengan motif yang lain seperti Batu Gong, Batu Lesung, Batu Patah, Batu Dgu dan Batu Tangkup. Dengan banyak ditemukannya peninggalan sejarah dengan mitif yang beragam memberi gambaran kuat adanya pusat kegiatan budaya pada masa silam disekitar Desa Muak, hal ini sangat menarik untuk dikunjungi dan diteliti lebih lanjut.

UPACARA ASYEIK

Upacara Asyeik adalah upacara ritual, penyelengaraannya dilaksanakan sesuai dengan arti nama tarian ini “Asyeik/Khusuk”. Tarian ini merupakan Upacara Persembahan untuk roh nenek moyang yang telah lama meninggaldengan menyediakan sesajian berupa makanan dari nasi putih, nasi kuning, nasi hitam, telur ayam, telur bebek. Lemang lepat, ayam panggang, air jeruk, bermacam-macam bunga,daunsirih dan lain-lainnya serta dilengkapi dengan sebilah keris.Upacara ini biasanya dilaksanakan jika ada orang ditimpa musibah atau mendapat rahmat.

TARI RANGGUK

Tari Rangguk ini merupakan tarian spesifik Kerinci yang Populer. Tari ini umumnya ditarikan oleh beberapa orang gadis remaja sambil memukul rebana kecil, tari ini diiringi dengan nyanyian sambil mengangguk-anggukkan kepala seakan memberikan hormat.

Tari Rangguk dilakukan pada acar-acara tertentu seperti menerima kedatangan Depati (tokoh adat Kerinci),tamu dan para pembesar dari luar daerah. Kadang-kadang Tari Rangguk dilakukan dilapangan terbuka diikuti dengan menabuh rebana dan gong beser.

Tarian ini merupakan tarian masal yang dilakasanakan pada saat :

* Keduri Sko (Pusaka) pengangkatan / pemberian Gelar Adat (Rio Depati, Mangku, Datuk, dsb) kepada anak jantan yang dipilih oleh anak batino dari suatu suku / pintu / luhah untuk memimpin negeri.
* setelah panen raya padi sawah.
* Penyambutan tamu-tamu Agung Negeri yang dating berkunjung ke Bumi Sakti Alam Kerinci.

Tari iyo-iyo dibawakan oleh anak batino (perempuan) dengan gerakan yang sangat gemuali diiringi dengan lagu (Tale) ditingkah suara gendang (tambur) dan bunyi gong. Pembukaan tari iyo-iyo ini diawali dengan atraksi pencak silat yang disaksikan oleh sesepuh / tertua adapt serta tamu undangan lainnya.Tarian ini dilaksanakan anak negeri sebagai ucapan kegembiraan atas pengangkatan pemimpin adat mereka.

TARI TAUH

Tarian ini merupakan tarian khas Daerah Lekuk 50 Tumbi Lempur Kecamatan Gunung Raya, biasanya diselenggarakan pada saat ada perayaan-perayaankenduri Sko penyambutan tamu.

Tarian ini dibawakan laki-laki dan perempuan (berpasang-pasangan) sering dilakukan sambil berdiri dan diiringi dengan misik rebab.gong dan nyanyian klasik yang disebut mantun yang mengisahkan Kehidupan masyarakat Desa, Percintaan, Adat istiadat dan lain-lain. Para penari menggunakan busana khas Lumpur yang berwarna hitam atau coklat serta memakai tutup hiasan perak. Tari Tauh acap dilakukan dilapangan terbuka namun ada juga didalam ruangan hal itu sesuai dengan waktu dan acara.

PENCAK SILAT

Pencak silay ada yang dilakukan tunggal, bepasangan atau empat lawan satu dan para Pendekar ini menggunakan pedang dan Keris yang tajam, serta memakai kostum dan ikat kepala berwarna hitam. Pencak Silat biasanya ditampilkan pada saat Kenduri Sko atau Kenduri Adat menyambut tamu dan pereyaan-perayaan lainnya.

TALE (NYANYIAN BERSAMA)

Tale sebutan lagu khas Kerinci sering disenandungkan pada saat acara tradisi menggali Bandar air (memperbaiki system irigasi desa) secara bergotong royong dihadiri oleh seluruh anak negeri dan Pejabat Pemerintah.

Tale merupakan kegiatan budaya masyarakat dengan mengaerjakan sawah serta ladang secara bergotong-royong diiringi oleh nyanyian secara bersama yang dimaksudkan untuk menambah gairah dan semangat bagi yang bekerja. Budaya Tale ini tidak pernah pudar dari Bumi Sakti Alam Kerinci, hal ini bias kita saksikan atau sekalian ikut ber-Tale bersama.

Sealin itu ada lagi Tale pelepasan jemaah haji, yang dilaksanakan pada saat pelepasan sanak keluarga akan berangkat ke Mekah menunaikan Rukun Islam yang ke Lima .

HASIL KERAJINAN

Karya cipta rasa masyarakat Kerinci terlihat dalam berbagai macam ragam bentuk, salah satu hasil karya dimaksud adalah Kerajinan Batik dengan motif-motif asli seperti motif daun the, motif tulisan incung, dan lain-lain.

Beberapa pusat kegiatan Home Industri dengan bimbingan dan pembinaan yang dilakukan berkesinambungan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kerinci, telah berkembang produk-produk Home Industri yang sangat unik dan menarik sebagai souvenir bagi wisatawan.

MENCAPAI KABUPATEN KERINCI

Untuk mencapai Kabupaten Kerinci dapat dengan melalui beberapa jalur utama yaitu :

1. Padang - Muara Labuh - Sungai Penuh (249 Km)
2. Padang - Painan – Tapan – Sungai Panuh (277 Km)
3. Bukut Tinggi – Solok – Muaro Labuh – Sungai Penuh ( Km)
4. Jambi – bangko – Sungai Penuh (465 Km)
5. Kuala Tungkal – Jambi – Bangko – Sungai Penuh (726 Km)
6. Palembang – Jambi – Bangko – Sungai Penuh (726 Km)
7. Bengkulu – Tapan – Sungai Penuh (879 Km)

HOTEL DAN RESTORAN

Hotel

1. Hotel Busana, Jl. RE.Martadinata Telp. (0748) 21122 Sungai Penuh
2. Hotel Yani, Jl. Muradi No.1 Telp. (0748) 21409 Sungai Penuh
3. Hotel Matehari, Jl. Basuki Rahmat Telp. (0748) 21061 Sungai Penuh
4. Hotel Aroma, Jl. R.A. Kartini No.2 Telp. (0748) 21142 Sungai Penuh
5. Hotel Masgo Kencana, Jl. Yos Sudarso No.21 Telp (0748) 22690 Sungai Penuh
6. Hotel Kayu Manis, Jl. RE. Martadinata Telp. (0748) 21226 Sungai Penuh
7. Hotel Anak Gunung, Jl. H. Agua Salim Telp. (0748) 21269 Sungai Penuh
8. Hotel Jaya, Jl. RE. Martadinata Telp. (0748) 21221 Sungai Penuh

Restoran

1. RM. Minang Soto, Jl. Muradi No.3 Telp. (0748) 21442 Sungai Penuh
2. RM. Takana Juo, Jl. Diponegoro Telp. (0748) 23141 Sungai Penuh
3. RM. Marantama, Jl. RE. Martadinata Sungai Penuh
4. RM. Ikan Semah, Jl. RE. Martadinata Sungai Penuh
5. RM. Sari Manggis, Jl. RE. Martadinata Sungai Penuh
6. RM. Simpang Lima, Jl. Pemuda Sungai Penuh
7. RM. Pelayang Raya, Jl. Prof. Dr. Sri Sudewi Sungai Penuh
8. RM. Dendeng Batakok, Jl. Soekarno Hatta Sungai Penuh
9. RM. Simpang Raya, Jl. Kom, L. Yos Sudarso Sungai Penuh
10. RM. Konco Lama Sungai Penuh
11. RM. Simpang Tiga, Jl. Agus SAlim Telp.(0748) 21537 Sungai Penuh
12. Kafe Minang Soto, Jl. Muradi Sungai Penuh

Bank

1. Bank Pembangunan Daerah (BPD), Jl. RA. Kartini Telp. (0748) 21716 Sungai Penuh
2. Bank Negara Indonesia 1946 (BNI ‘46), Jl. Basuki Rahmat Telp. (0748) 21180 – 21233 Sungai Penuh
3. Bank Rakyat Indonesia (BRI), Jl. Jend. Sudirman No.3 Telp. (0748) 21312 – 21320 Sungai Penuh

Alamat Penting

1. Pusat Informasi Wisata
2. 1. Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci, Jl. Doponegoro No.01 Telp. (0748) 324070 Sungai Penuh
3. 2. Ktr. Taman Nasional Kerinci seblat, Jl. Arga Selebar Daun No.11 Telp. (0748) 22250 Sungai Penuh
4. 3. Ktr. Pemerintahan Daerah Kerinci, Jl. Jend. Basuki Rahman No.01 Telp. (0748) 21095 Sungai Penuh
5. 4. Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Kerinci (LKPK) Kantor Tim Penggerak PKK Kabupaten Kerinci Jl. Jend. Sudirman Telp. (0748) 21249 Sungai Penuh
6. 5. Eco Cultura Development Travel Co. Operative, Desa Kersik Tuo Rt. V Dusun III No.19 Kecamatan Kayu Aro 37163, Kerinci
7. 6. Gayatry Tourism Guidance Information, Jl. K. H. Wahid Hasyim No.5 Sungai Penuh, Telp. (0748) 21146

1. Kantor Pos, Jl. Jend. Sudirman Telp. (0748) 21108 Sungai Penuh
2. PT. Telkom, Jl. Imam Bonjol Telp. (0748) 21108 Sungai Penuh
3. Rumah Sakit Umum Daerah RSUD), Jl. Arga Selebar Daun Telp. (0748) 21018 Sungai Penuh
4. Kantor Polisi Resort, Jl. Depati Parbo Telp. (0748) 21170 Sungai Penuh

WWW.INFOKERINCI.COM

Read more >>

Friday 21 November 2008

Mengapa kita bisa lupa?

Sekarang papa kok pelupa?” itulah salah satu kalimat yang pernah terdengar di salah satu iklan obat di televisi. Seorang kepala bagian Produksi di sebuah pabrik tekstil sebut saja Pak Firmansyah (25) akhir-akhir ini suka lupa akan janji-janjinya atau perintah yang pernah ia berikan pada bawahannya. Jika bawahannya salah mengerjakan perintah ia pun marah-marah dan ia bertanya ini atas perintah siapa padahal dia sendiri yang memberikan instruksi tersebut. Seorang bapak sebut saja namanya pak Yusuf (56) ia lupa menaruh kacamatanya sehingga suatu pagi seisi rumah sibuk mencari kacamata si bapak. Seorang mahasiswa lupa mengerjakan tugas akhirnya yang harus dikumpulkan pada saat UAS sehingga ia tidak diperkenankan mengikuti UAS karena tidak membuat tugasnya. Kita tentu pernah berrtemu dengan seseorang di suatu mall dan dia menyapa kita dan katanya dia adalah teman SD kita. Tentu kita bingung dan bertanya-tanya benarkah ia teman kita? Seorang teller bank yang sedang menghitung uang secara manual tiba-tiba lupa berapa jumlah hitungannya karena ia harus menjawab telepon. Pada waktu puasa kita suka lupa minum di siang hari padahal kita sedang puasa. Itulah lupa. Lupa…lupa…lupa….memang hal ini membawa kerugian bagi kita. Tapi sebagai manusia kita tidak luput dari lupa karena kapasitas otak kita untuk menyimpan memori pun terbatas. Lalu apakah lupa itu? Lupa berarti tidak ingat. Lupa sulit diukur atau diteliti (namanya juga: lupa) Minat dan Motivasi

Dalam pengalaman sehari-hari, kita sering mengamati remaja yang tidak lupa suatu lirik lagu walaupun dalam bahasa asing. Orang-orang yang sering bepergian, mempunyai ingatan tentang ilmu bumi yang jauh lebih baik daripada yang tidak pernah kemana-mana. Artinya disini seseorang yang mengingat segala sesuatu tentang hal yang disukainya jauh lebih baik dari pada hal yang tidak disukainya. Jelaslah minat sangat meningkatkan motivasi dan pada gilirannya akan meningkatkan daya ingat. Menurut Kurt Lewin (1890-1947), seorang psikolog jerman, minat dan motivasi berarti konsentrasi energi (forces) pada sektor (region) tertentu dalam kesadaran. Konsentrasi energi inilah yang menyebabkan suatu hal tidak begitu saja dilupakan.


Jejak Ingatan

Disisi lain, manusia tidak bisa memusatkan seluruh energinya kepada semua hal. Ada hal-hal yang pasti terlepas dari perhatian. Wilhelm Wundt (1832-1920), mengatakan bahwa hanya sebagiaan kecil dari persepsi umum (black felt) yang bisa masuk titik perhatian (blick punkt). Ia juga berpendapat bahwa mental itu aktif dan aktivitas mental itulah yang mengarahkan pusat-pusat perhatian manusia. Hal-hal yang menjadi pusat perhatian akan mudah dilupakan. Sementara itu, manusia juga punya kecenderungan untuk merekonstruksi hal-hal yang dilupakan.

Wolfgang Kohler 91887-1967), seorang tokoh psikologi gestalt di Universitas Berlin berpendapat bahwa ingatan sangat terkait dengan jejak-jejak ingatan (memory traces) karena adanya hubungan-hubungan yang sama (iso morphy) anatara obyek di luar dan refleksinya di dalam susunan saraf dan otak.

Metabolisme otak tidak memungkinkan smeua jejak ingatan itu tersimpan terus dengan sempurna, melainkan berangsur-angsur akan menghilang. Tetapi ketika orang yang bersangkutan diminta untuk mengingat kembali hal yang sudah mulai terlupakan sebagian itu, manusia cenderung untuk menyempurnakan sendiri bagian-bagian yang terlupa tersebut dengan cara mengkreasikan sendiri detil-detil ceritera itu. Akibatnya, sebuah ceritera tentang suatu peristiwa yang pernah disaksikan oleh seseorang akan berubah-ubah dari masa ke masa. Makin lama jarak waktu antara kejadian awal dengan saat berceritera, maka makin banyak perubahannya.


Stress dan Latihan

Lupa juga bisa disebabkan oleh stress. Misalnya orang yang akan ujian walaupun ia sudah belajar tapi ia stress jadi semua apa yang sudah dipelajarinya dengan baik terlupa begitu saja. J.B Watson (1878-1958) seorang behavioris, AS menganjurkan latihan berulang-ulang. Suatu prilaku yang terusmenerus diulang, akan diperkuat (reinforced) sedangkan prilaku yang tidak diulang tidak akan mendapat ganjaran (reward) sehingga akirnya akan terjadi penghapusan (extinction) atau lupa.


Faktor Fisiologik

Selain faktor psikologis tadi, lupa bisa juga disebabkan oleh faktor fisiologik (faal). Amnesia, misalnya, sering terjadi pada penderita trauma kepala (anatara lain karena kecelakaan). Orang-orang lanjut usia yang mengalami kemunduran fungsi mental karena usia (dementia senilis), sehingga ia banyak melupakan berbagai hal yang biasanya selalu dia ingat. Mengurangi lupa fisiologis ini tentunya diperlukan dokter ahli neurologi dan atau dokter-dokter spesialis lainnya. Namun usaha dari segi psikologi sendiri juga diperlukan, antara lain dengan cara terus menerus merangsang ingatan pasien, mengulang-ulang nama-nama tiap-tiap anggota keluarga dan sebagainya, sehingga mental pasien tetap terangsang, terlatih, dan termotivasi.

Karena itu dianjurkan untuk membuat catatan, rekaman, notulasi rapat, kuitansi, kotrak kerja, dan sebagainya dengan maksud agar kita tidak terjebak dalam lupa, dengan menghilangnya sebagian dari jejak ingatan kita. Seperti ceritera di atas, Bapak Firmansyah, bapak Yusuf, seorang mahasiswa, pegawai bank, dan lain-lainnya.

http://refleksiteraphy.com
Read more >>

Penyesuai Diri

Prof. Dr. Zakiah Daradjat

Gangguan jiwa (neurose) dan penyakit jiwa (psychose) adalah akibat dari tidak mampunya orang menghadapi kesukaran-kesukarannya dengan wajar, atau tidak sanggup menyesuaikan diri dengan situasi yang dihadapinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuain diri yang dilakukan secara tidak sadar diantaranya adalah :1.Frustasi (tekanan perasaan)

Frustasi ialah suatu proses yang menyebabkan orang merasa akan adanya hambatan terhadap terpenuhinya kebutuhan-kebutuhannya, atau menyangka akan terjadi sesuatu yang akan menghambat keinginannya. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan terhalangnya keinginan seseorang.


Orang yang sehat mentalnya akan dapat menunda buat sementara pemuasan kebutuhannya itu atau ia akan dapat menerima frustasi itu buat sementara sambil menunggu kesempatan berikutnya. Tetapi jika orang tidak mampu menghadapi rasa frustasi itu dengan cara yang wajar. Maka ia akan berusaha mengatasi dengan cara-cara yang lain tanpa mengindahkan orang dan situasi di sekitarnya (misalnya dengan kekerasan). Atau ia berusaha mencari kepuasan dengan lamunan/khayalan. Apabila rasa tertekan itu sangat berat sehingga tidak bisa diatasinya, maka mungkin akan mengakibatkan gangguan atau penyakit jiwa pada orang tersebut.


Sesuatu hal yang sama-sama dialami oleh dua orang, mungkin salah seorangnya merasa tertekan sekali oleh hal itu, tetapi oleh orang yang lainnya dianggap biasa saja. Jadi frustasi itu disebabkan oleh tanggapan terhadap situasi. Tanggapan itu dipengaruhi oleh kepercayaan terhadap dirinya sendiri dan kepercayaan kepada lingkungan.


Kepercayaan terhadap diri sendiri itu timbul apabila setiap rintanagn atau halangan dapat dihadapi dengan sukses. Sukses yang dicapai akan membawa kegembiraan yang selanjutkan menjadikan rasa percaya diri. Percaya diri akan membuat orang optimis dalam menjalani hidup, setiap persoalan yang datang akan dihadapi dengan tenang sehingga dapat dianalisa problem yang sedang dihadapi tersebut.


Tetapi sebaliknya orang yang sering mengalami kegagalan dalam hidupnya, akan merasa kecil hati dan kecewa, sehingga lama kelamaan akan berkurang kepercayaan kepada dirinya. Ia menjadi pesimis dalam menghadapi kesukaran, karena setiap kali ada kesukaran atau persoalan yang harus dihadapinya, sudah terbanyang kegagalan sebelum dicoba menghadapinya.


Dengan demikian kepercayaan kepada dirinya itu ditentukan oleh pengalaman-pengalaman yang dilalui sejak kecil. Sukses dan kegembiraan akan menambah rasa percaya diri dan akan mempengaruhi kesuksesan di masa datang. Sebaliknya kegagalan dan situasi yang mengecewakan akan mengurangi rasa percaya diri dan akan mengakibatkan kegagalan di masa mendatang.



2.Konflik (Pertentangan batin)

Konflik jiwa atau pertentangan batin adalah adanya dua macam dorongan atau lebih yang berlawanan satu sama lain, dan tidak dapat dipenuhi dalam waktu yang bersamaan. Konflik dibagi dalam 3 bagian yaitu :

Pertama : pertentangan antara dua hal yang diinginkan, yaitu adanya dua hal yang sama-sama diingini tetapi tidak mungkin diambil keduanya. Contohnya, seorang gadis dipinang oleh dua orang yang sama-sama baik dan mapan dalam hidup.


Kedua : pertentangan antar dua hal yang pertama diingini sedang yang kedua tidak diingini. Misalnya seorang ibu yang ingin supaya anaknya ikut piknik dengan teman sekolahnya, tapi dilain pihak ia takut kalau anaknya dapat kecelakaan di jalan.


Ketiga : pertentangan antara dua hal yang tidak diingini, yaitu orang menghadapi situasi yang menimbulkan dua hal yang sama-sama tidak disenangi. Misalnya seorang militer yang sedang bertempur di medan perang. Ia ingin tetap hidup, akan tetapi takut akan pengadilan militer jika ia lari dari perang.


3.Kecemasan (anxiety)

Kecemasan adalah manifestasi dari berbagai proses emosi yang bercampur baur, yan terjadi ketika orang sedang mengalami tekanan perasaan (frustasi) dan pertentangan batin (konflik). Kecemasan mempunyai segi yang disadarinya seperti rasa takut, terkejut, tidak berdaya, rasa bersalah, terancam dan sebagainya. Juga ada segi-segi yang terjadi di luar kesadaran dan tidak bisa menghindari perasaan yang tidak menyenangkan itu. Rasa cemas itu terdapat dalam semua gangguan jiwa, dan ada bermacam-macam pula.


Pertama : rasa cemas yang timbul akibat melihat dan mengetahui ada bahaya yang mengancam dirinya. Cemas ini lebih dekat kepada rasa takut, karena sumbernya jelas terlihat dalam pikiran, misalnya seorang mahasiswa yang sepanjang tahun bermain-main saja, merasa cemas apabila ujian datang.



Kedua : rasa cemas yang berupa penyakit dan terlihat dalam beberapa bentuk. Yang paling sederhana adalah cemas yang paling umum. Ada pula cemas dalam bentuk takut terhadap benda atau suatu hal misalnya takut melihat serangga. Selanjutnya cemas dalam bentuk ancaman, yaitu kecemasan yang menyertai gejala-gejala gangguan dan penyakit jiwa. Orang merasa cemas karena menyangka akan terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan, sehingga ia merasa terancam oleh sesuatu itu.


Ketiga : cemas karena merasa berdosa atau bersalah, karena melakukan hal-hal yang berlawanan dengan keyakinan atau hati nurani. Cemas ini sering pula menyertai gejala gangguan jiwa. Gejala cemas ada yang berbentuk fisik dan ada yang berbentuk mental. Gejala fisik seperti ujung-ujung jari terasa dingin, pencernaan tidak teratur, pukulan jantung cepat, keringat bercucuran, tidur tidak nyenyak, nafsu makan hilang, kepala pusing, sesak nafas dan sebagainnya.


Bermacam-macam cara dapat dilakukan untk mengatasi perasaan tertekan, pertentangan batin dan kecemasaan itu. Perasaan-perasaan seperti itu sangat mengurangi rasa bahagia sehingga kadang-kadang orang terdorong melakukan sesuatu untuk menghilangkan perasaan yang tidak enak itu.


Cara yang terbaik untuk menghilangkan ketegangan batin ialah dengan jalan menghilangkan sebab-sebabnya. Tetapi tidak semua orang sanggup mengatasinya dengan cara tersebut, dan mencari jalan lain yaitu berupa usaha-usaha yang tidak disadari. Cara-cara tersebut antara lain :


1.Pembelaan

Usaha yang dilakukan untuk mencari alasan-alasan yang masuk akal bagi tindakan yang sesungguhnya tidak masuk akal, dinamakan pembelaan. Pembelaan ini tidak bermaksud untuk membujuk atau membohongi orang lain, akan tetapi membujuk dirinya sendiri supaya tindakan yang tidak bisa di terima itu menjadi wajar. Lain halnya dengan dusta dimana penyelewengan terjadi secara nyata dan disadari dan berusaha membujuk orang lain. Contohnya seorang pemuda yang naksir gadis tapi di tolak oleh gadis dan sang pemuda mencari pembelaan dengan mencari kelemahan-kelemahan dan keburukan si gadis.


2.Proyeksi

Proyeksi adalah menimpakan sesuatu yang terasa dalam dirinya kepada orang lain, terutama tindakan, pikiran atau dorongan-dorongan yang tidak masuk akal sehingga dapat di terima dan kelihatnya masuk akal. Misalnya seorang yang menghadapi kegagalan dalam sekolah, kantor, atau yang lainnya, tidak mengetahui kelemahan dan kesalahan yang mencari pada orang lain, atau sesuatu di luar dirinya untuk dipersalahkan supaya ia dapat menghindari rasa gelisah dan rasa rendah diri.


3.Identifikasi

Identifikasi adalah kebalikan dari proyeksi, dimana orang turut merasakan sebagian dari tindakan atau sukses yang dicapai oleh orang lain. Apabila ia melihat orang berhasil dalam usahanya ia gembira seolah-olah ia yang sukses. Dan apabila melihat orang kecewa ia juga ikut merasa sedih.


Dengan identifikasi, orang mencapai kepuasan dengan apa yang dicapai oleh orang lain, walaupun ia sendiri tidak mampu mencapainya. Misalnya kita merasa bangga dan puas apabila pemain-pemain yang kita sukai menang dalam pertandingan.


dentifikasi hampir sama dengan meniru, hanya pada meniru orang mengambil sifat-sifat orang lain menjadi contoh yang akan diikuti. Akan tetapi pada identifikasi tidak terbantas hanya pada meniru, tetapi seolah-olah ia sendiri yang ditiru, sehingga ia merasa gembira atas sukses yang dicapai oleh orang yang di tiru dan merasa sedih atas kesusahan yang menimpanya.

4.Hilang Hubungan (disassosiasi)

Seharusnya perbuatan, pikiran dan perasaan orang berhubungan satu sama lain. Apabila orang merasa bahwa ada seseorang yang dengan sengaja menyinggung perasannya, maka ia akan marah dan membalas dengan tindakan yang sama. Dalam hal ini perasaan, pikiran dan tindakan adalah saling berhubungan dengan harmonis. Akan tetapi keharmonisan itu mungkin hilang akibat pengalaman-pengalaman pahit yang dilalui waktu kecil. Disasosiasi dibagi dalam 2 golongan yaitu tindakan terpaksa (compulsive) dan tindakan pengganti (exessive). Tindakan terpaksa; orang merasa terdorong atau terpaksa melakukan suatu tindakan tanpa disadari dengan jelas faktor pencetusnya. Misalnya mengulang ulang mencuci tangan. Tindakan pengganti; orang berpikir dan berbicara tentang sesuatu sebagai pengalih perhatian atas ketidakmampuan suatu hal dan agar tidak merasa rendah diri.

5.Represi

Represi adalah tekanan untuk melupakan hal-hal dan keinginan yang tidak sesuai dengan hati nurani. Semacam usaha diri agar tidak bertolak belakan dengan hati nurani. proses ini terjadi tanpa disadari. Misalnya seorang anak yang benci kepada orang tuanya akibat perlakuan orang tua terhadapnya. Akan tetapi menurut akidah Islam, tidak boleh benci pada orang tua. Karenanya ia tidak mau mengakui perasaan benci dan durhaka itu, karena berlawanan dengan hati nuraninya, dan perasaan itu ditekan sampai lupa.



6.Substitusi

Substitusi adalah cara pembelaan yang diri paling baik diantara cara-cara yang tidak disadari dalam menghadapi kesukaran. Substitusi terdiri dari dua golongan, yaitu :

Pertama : sublimasi, pengungkapan dari dorongan yang tidak dapat di terima dalam masyarakat dengan cara yang di terima. Misalnya melakakan kegemarannya untuk menghambat dorongan seksuil yang tidak wajar.

Kedua : kompensasi usaha untuk mencapai suatu sukses dalam suatu lapangan setelah gagal dalam lapangan yang lain. Misalnya seorang anak yang tidak dapat berolah raga, bersungguh-sungguh sekali dalam pelajaran. Sehingga ia menjadi anak terpandai di kelasnya. Dan menjadi pusat perhatian guru-guru dan teman-temannya.

http://refleksiteraphy.com

Read more >>

SEJARAH RINGKAS KAMPUNG KERINCHI

By : ABDUL HAKAM BIN JAMALUDDIN

Artikel ini diambil daripada kebenaran penulis hasil daripada kajian Latihan Ilmiah Pusat Pengajian Sejarah, Politik Dan Strategi, Fakulti Sains Sosial Dan Kemanusiaan, Universiti Kebangsaan Malaysia.

Bagi mengkaji dan meneliti tentang sejarah pembukaan Kampung Kerinchi ini dapat dikenal pasti bahawa orang yang bertanggungjawab dalam memainkan peranan penting dalam mengasaskan pembukaan tanah di Kampung Kerinchi dan kawasan di sekitarnya ialah Haji Abdullah bin Ahmad.[1] Kedatangan Haji Abdullah bin Ahmad ke Tanah Melayu bukanlah secara individu tetapi beliau telah datang ke mari dengan membawa isterinya serta ahli keluarga yang lain terutamanya mereka yang tinggal sekampung di tempat asal mereka iaitu Desa Tanjung Tanah, Kerinci. Haji Abdullah bin Ahmad telah datang bersama isterinya yang bernama Hajah Fatimah binti Haji Arfah. Beliau telah datang ke Tanah Melayu bersama keluarga beliau pada abad ke-19. Melalui perkongsian hidup di antara Haji Abdullah dan Hajah Arfah, mereka berdua telah dikurniakan tiga (3) orang anak iaitu Haji Ahmad, Hajah Halijah dan Aishah. Pada asalnya sebelum datang ke Tanah Melayu, Haji Abdullah terpaksa menghadapi kehidupan yang susah di kampung asalnya. Kesusahan yang dialami di kampung asalnya telah mendorong beliau bersama isterinya untuk datang berhijrah ke Tanah Melayu. Tujuan utama kedatangannya ke Tanah Melayu adalah untuk mengubah nasib yang dialaminya. Manakala antara faktor lain yang turut menjadi pendorong utama pada ketika itu ialah ingin mengumpulkan wang bagi menunaikan haji di Mekah.[2]



Haji Abdullah juga dikatakan merupakan seorang yang alim dalam pengetahuan ilmu-ilmu agama Islam. Dikatakan bahawa beliau banyak membeli kitab-kitab agama bagi menambahkan ilmu pengetahuannya dalam bidang agama. Kebanyakan kitab agama yang dibelinya dikarang menggunakan Bahasa Arab. Haji Abdullah juga dikatakan bahawa mampu bercakap dalam Bahasa Arab dengan fasih.[3] Kelebihan yang terdapat dalam dirinya ini telah membolehkan Haji Abdullah mengajar ilmu-ilmu agama kepada orang ramai terutamanya orang-orang Kerinchi dan orang lain. Menurut cucu dan cicitnya, beliau mempunyai anak murid yang ramai yang datang belajar ilmu-ilmu agama darinya termasuklah menantunya sendiri iaitu Haji Ali bin Haji Fakih.[4] Di Kampung Kerinchi ini beliau sangat dihormati oleh orang-orang Kerinchi dan masyarakat setempat berdasarkan kealiman dirinya. Sering kali nasihat yang diberikan kepada masyarakat diterima baik dan masyarakat setempat selalunya merujuk dirinya untuk meminta pandangan dalam membantu menyelesaikan masalah yang dialami.



Haji Abdullah telah menjadi perintis kepada proses petempatan orang Kerinchi di Kampung Kerinchi. Beliau telah mendirikan rumahnya di Kampung Kerinchi di mana tapak rumah asalnya sekarang ini telah dibangunkan semula oleh pihak UDA. Walaupun begitu penerokaan tanah di Kampung Kerinchi telah dilakukan oleh Haji Abdullah dan orang-orang Kerinchi yang lain pada abad ke-19. ‘Kampung Kerinchi, situated beside the Federal Highway near University Malaya, was founded by a group of Sumatrans from Kerinchi in 1890s.[5]



Kedatangan Haji Abdullah ke Tanah Melayu tidaklah secara terus membuka petempatan di Kampung Kerinchi tetapi beliau telah meneroka dan membuka kawasan lain terlebih dahulu. Pada ketika itu kawasan yang menjadi tumpuan orang Kerinchi ialah di Bukit Nanas. Melihat kepada keadaan bentuk muka bumi di kawasan baru ini mempunyai banyak persamaan dengan kawasan asal membolehkan mereka terus membuka petempatan dan tinggal menetap di sini.



Orang Kerinchi merupakan masyarakat yang tinggal di kawasan pedalaman dan pergunungan tanah tinggi serta mempunyai darjah suhu yang rendah. Oleh itu, memandangkan bentuk muka bumi di kawasan baru ini terutamanya di Kuala Lumpur mempunyai ciri-ciri yang bersifat tanah tinggi telah mendorong mereka untuk meneroka kawasan baru ini. Hal ini kerana bentuk muka bumi kawasan Kuala Lumpur atau di sepanjang Lembah Klang merupakan kawasan yang berbukit dan mempunyai ciri-ciri tanah tinggi.



‘These Sumatrans had set foot on Malayan soil as early as the 1850s. The settled in Bukit Nanas and Sungai Besi, and grew pineapples. Later, they move on and ended up founding Kampung Kerinchi where they cleared land and cultivate vegetables, fruits and padi’.[6]



Semasa meneroka di Bukit Nanas, orang-orang Kerinchi telah menjalankan kegiatan menanam nenas sebagai aktiviti pertanian mereka. Oleh itu, nama Bukit Nanas telah diberikan sempena kegiatan penanaman nenas yang banyak disitu oleh orang-orang Kerinchi. Penerokaan orang Kerinchi di Bukit Nanas dapat dibuktikan dengan surat lantikan yang dibuat oleh Pengulu Kuala Lumpur kepada Haji Abdullah Hukum:



‘Bahawasa-nya adalah kita Raja Mahmood ibni almorhum Sultan Mohamed Selangor. Penghulu mukim Kuala Lumpur serta penolong kita Raja Hussin ibni Ra-ja Indut, telah mengangkat Haji Abdullah Hukom bin Haji Abdul Rahim, menjadi Datok Dagang di-dalam da’erah Bukit Nanas daripad-a bangsa Kerinchi dan Jambi sekalian-nya. Maka hendak lah mer-ika2, yang tersebut itu mengi-kut, apa apa yang menjadi jalan kebajikan diatas diri masing2, yang diperbuat uleh Dato Dagang s-eperti nasehat2, yang tersebut di-bawah ini’.[7]



Pernyataan di atas cukup membuktikan bahawa sebelum membuka kawasan di Kampung Kerinchi, orang Kerinchi sudah pun menjadi peneroka terawal di Kuala Lumpur disamping turut menyumbang kepada pembangunan Kuala Lumpur melalui aktiviti dijalankan.[8] Selepas mereka meneroka di Bukit Nanas, orang Kerinchi telah mengembangkan pengaruh mereka di kawasan lain sekitar Kuala Lumpur terutamanya di Pudu,[9] Kampung Kerinchi, Sungai Putih (Kampung Haji Abdullah Hukum) dan Petaling Jaya.


[1] Temubual dengan Md. Yusof b. Omar pada 29.1.2008, Hajah Juriah bt. Abdullah pada 9.2.2008, Hajah Sapiah bt. Haji Ahmad pada 17.5.2008, Hajah Reyah bt. Haji Ahmad pada 17.5.2008, Ismail@Mohd Yusuf b. Mat Kali pada 21.5.2008, Haji Yahya b. Mohammad pada 22.5.2008, Haji Idris b. Haji Ariffin pada 24.5.2008 dan Jamaluddin b. Omar pada 3.6.2008.

Md. Yusof b. Omar dan Jamaluddin b. Omar merupakan generasi keempat dan merupakan cicit kepada Haji Abdullah b. Ahmad manakala Hajah Juriah, Hajah Sapiah dan Hajah Reyah merupakan generasi ketiga dan cucu kepada Haji Abdullah b. Ahmad. Hajah Sapiah dan Hajah Reyah merupakan adik-beradik dan juga sepupu kepada Hajah Juriah. Haji Yahya pula merupakan cucu saudara kepada Haji Abdullah dan neneknya mempunyai adik-beradik kepada Hajah Fatimah iaitu isteri kepada Haji Abdullah. Manakala Haji Idris turut mempunyai hubungan kekeluargaan dengan Hajah Fatimah bt. Haji Arfah, isteri kepada Haji Abdullah.

[2] Temubual dengan Hajah Reyah bt. Haji Ahmad pada 17.5.2008

[3] Temubual dengan Md. Yusof b. Omar pada 13.5.2008.

[4] Temubual dengan Md. Yusof b. Omar pada 29.1.2008, Hajah Reyah bt. Haji Ahmad pada 17.5.2008, Ismail@Mohd Yusuf b. Mat Kali pada 21.5.2008

[5] Lam Seng Fatt, Insider’s Kuala Lumpur, Kuala Lumpur: Times Media Private Limited, 2000, hlm. 182.

[6] Ibid, hlm. 183.

[7] Selangor Secretariat 1668/1922

[8] C. W. Watson, Rawa and Rinchi: a further note, JMBRAS vol. 55, 1982, hlm. 88.

[9] Warta Ahad, 27 Oktober 1935.



Read more >>

TEMANKU MENIKAMKU

Terkadang sahabat sejati itu bisa jadi musuh.Ia bisa menikam dari belakang,ia lupa segalanya,persis yang aku alami sekarang.Aku punya teman sebut saja namanya Rangga(nama samaran),Ia baru saja jadian sama seorang cewek yang baru ia kenal,dan itu ia ceritakan padaku,sebut saja nama cewek itu bunga(Juga nama samaran).Aku sangat senang karena sekarang teman baikku dapat gebetan baru,namun kesenangan aku ini berubah menjadi kesedihan.Pada hari rabu aku melihat-lihat no hp yang ada dalam telpon genggamku,dan aku menemukan sebuah no yang tak aku kenal pemiliknya,lalu aku mencoba menanyakan ke Rangga lewat sms,tapi aku tunggu-tunggu smsku belum juga Ia balas,dan aku mengambil keputusan untuk sms ke no tersebut,Aku mengajak Ia kenalan,dan aku memperkenalakan diri sebagai Rian anak teknik pertambangan UNP,lalu smsku dibalas dengan kata-kata bahwa Ia tidak percaya sama aku,Ia bilang aku tidak jujur,pembohong,dan Ia memperkenalkan dirinya sebagai reja,akupun tersentak terkejut,pasti dia bohong(begitulah prasangka ku).Sms ku tidak lagi dibalas olehnya,dan tiba-tiba masuk sebuah pesan ke hp ku,yang merupakan pesan dari rangga.Isi pesannya,langsung menyudutkan aku,Ia bilang itu no ceweknya,Ia memaki-maki aku dengan kata-kata kasar,ia bilang aku tak senang kalo ia jadian sama bunga,aku cari masalah sama ia,padahal aku tidak tahu kalau itu no pacar barunya,dan aku membalasnya kalo itu yang ia suka,aku tak dapat berbuat apa-apa,dan itu HAM nya Ia,hatiku terasa perih,betapa tidak seorang teman baikku yang selama ini aku percaya dapat berubah karena seorang cewek yang baru beberapa hari Ia kenal.Biarlah semua ini terjadi yang penting aku sudah memaafkan kesalahan Dia,mungkin saja ia kilaf dan semoga dia disadarkan dari semua ini.


Read more >>

GANGGUAN KEPRIBADIAN

Gangguan-gangguan dalam kategori ini bersumber dari perkembangan kepribadian yang tidak masak dan menyimpang. Kerena mengalami proses perkembangan yang tidak semestinya, individu-individu tertentu memiliki cara pandang, cara pikir dan berhubungan dengan dunia sekelilingnya secara maladaptif. Akibatnya, mereka tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan dalam kasus-kasus tertentu mereka menjadi menderita.

Ada tiga kelompok gangguan utama dalam kategori ini, yaitu gangguan kepribadian, kepribadian antisosial, dan perilaku kriminal.1. Gangguan Kepribadian

Penderita jenis gangguan ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:



Hubungan pribadinya dengan orang lain terganggu, dalam arti sikap dan perilakunya cenderung merugikan orang lain.

· memandang bahwa kesulitannya disebabkan oleh nasib buruk atau perbuatan jahat orang lain. Dengan kata lain, penderita gangguan ini tidak pernah merasa bersalah.

· tidak memiliki rasa tanggung jawab terhadap orang lain: bersikap manipulatif atau senang mengakali, mementingkan diri sendiri, tidak punya rasa bersalah, dan tidak mengenal rasa sesal bila mencalakakan orang lain.

· celakanya, orang ini tidak pernah dapat melepaskan diri dari pola tingkah lakunya yang maladaptif itu.

· selalu menghindari tanggung jawab atas masalah-masalah yang mereka timbulkan.

Selain itu, gangguan ini lebih merupakan gangguan terhadapa nama baik si penderita (disorders of reputation). Artinya, masalahnya lebih berupa akibat tidak menyenangkan dari tindakan sipenderitan terhadap orang lain, bukan berupa penderitaan yang harus ditanggung oleh yang bersangkutan, seperti misalnya pada kasus neurosis. Dalam kasus neurosis, yang menderita dan merasa tidak bahagia adalah penderita itu sendiri. Sebaliknya dalam gangguan kepribadian ini yang menjadi korban perbuatan tidak bertanggung jawab dari si penderita. Penderita sendiri hanya mengalami reputasi yang buruk, yang bagi penderita gangguan ini sama sekali bukan soal.

Beberapa jenis gangguan kepribadian yang cukup menonjol adalah kepribadian paranoid-skizoid-skizotipe, kepribadian histrionik-narcisistik-antisosial, dan kepribadian aviodan-tergantung-kompulsif-agresif pasif.

a. Kepribadian Paranoid, Skizoid, dan Skizotipe

Penderita ketiga jenis gangguan ini berperilaku eksentrik, ditambah beberapa kekhususan sebagai berikut:

1) Kepribadian Paranoid memiliki ciri-ciri tambahan: serba curiga; hipersensitif atau sangat perasa; rigid atau kaku; mudah iri; sangat egois; argumentatif atau suka menentang; suka menyalahkan orang lain; suka menuduh orang lain jahat.

2) Kepribadian Skizoid memiliki ciri-ciri khas: tidak mampu dan menghindari menjalin hunbungan sosial; terkesan dingin dan tidak akrab atau tidak ramah; tidak terampil bergaul dan suka menyendiri.

3) Kepribadian Skizotipe memiliki ciri-cri khas: suka menyendiri; suka menghindari oang lain; egosentrik; dihantui oleh pikiran-pikiran autistik, yaitu pikiran-pikiran yang tidak dapat dimengerti oleh orang lain selain oleh dirinya sendiri, dan takhayul-takhayul; dan amat perasa.

b. Gangguan Kepribadian Historik, Narcisistik, dan Antisosial

Penderita ketiga jenis gangguan ini memiliki ciri umum berperilaku dramatik atau penuh aksi serba menonjolkan diri, emosional, dan eratik atau aneh-aneh, di samping beberapa ciri khusus sebagai berikut:

1) Kepribadian Histrionik: tidak matang; emosinya labil; haus akan hal-hal yang serba menggairahkan (excitement); senang mendramatisasi diri secara berlebihan untuk mencari perhatian; penyesuaian seksual dan hubungan pribadinya kacau; tergantung, tak berdaya, dan mudah ditipu; egois, congkak, sangat haus akan pengukuhan orang lain; sangat reaktif; dangkal atau picik, dan tudal tulus.

2) Kepribadian Narcisistik: merasa diri penting dan haus akan perhatian dari orang lain; selalu menuntut perhatian dan perlakuan istimewa dari orang lain; sangat peka pada pandangan orang lain terhadap dirinya (harga dirinya rapuh); bersikap exploitatif: memikirkan kepentingannya sendir, mangabaikan hak dan perasaan orang lain.

3) Kepribadian Antisosial: selalu melanggar hak orang lain lewat perilaku agresif, antisosial, dan tanpa rasa sesal; tidak sedikit diantara penderita cukup cerdas dan pandai menampilkna diri secara meyakinkan untuk menjadi penipu ulung.

c. Gangguan Kepribadian Avoidan, Tergantung, Kompulsif, dan Agrasif Pasif

Penderita dalam kategori ini memiliki ciri umum diliputi kecemasan dan rasa takut, sehingga kadang-kadang susah dibedakan dari penderita neurosis, ditambah ciri-ciri khusus sebagai berikut:

1) Kepribadian Avoidan tau menghindar: sangat peka terhadap penolakan atau hinaan prng lain; cenderung mudah mempersepsikan olok-olokan atau pelecehan yang belum tentu benar; pergaulan sempit dan segan emnjalin pergaulau; takut bergaul dengan orang lain disebabkan takut untuk dikritik atau ditolak, kendati sering merasa butuh afeksi dari orang lain dan merasa sepi; merasa sedih karena tidak punya teman, dan ketidakmampuan bergaul tersebut menjadi sumber kesusahan dan penyebab harga dirinya yang rendah.

2) Kepribadian Tergantung: sangat tergantung pada orang lain dan merasa tidak berdaya, kendati sesungguhnya tidak demikian; dapat berfungsi baik sepanjang tidak dituntut melakukan sesuatu seorang diri.

3) Kepribadian Kompulsif: memiliki perhatian yang berlebihan pada aturan-atiran, ketertiban, efisiensi, dan pada pekerjaan; menginginkan semua orang bekerja seperti dirinya; tidak mampu mengungkapkan sikap dan perasaan hangat; perilakunya serba terhambat, sangat perasa, namun juga sangat rajin; kepribadiannya kaku; sulit untuk bersantai; sangat memperhatikan hal kecil-kecil; dan sangat sulit membagi waktu.

4) Kepribadian Agresif-pasif. Simtom ini sesungguhnya merupakan sikap bermusuhan yang diungkapkan lewat cara-cara yang bersifat tidak langsung dan bukan melalui kekerasan. Sebagai contoh, untuk mengungkapkan kebenciannya pada majikan yang lalim, seorang pembantu sengaja senang menangguhkan atau menghambat-hambat pelaksanaan pekerjaan, bersikap keras kepala, sengaja bekerja tidak efisien, dan sebagainya. Beberapa ciri khasnya adalah: tidak suka patuh pada tuntutan orang lain; benci pada figur otoritas, tetapi takut menyatakan atau mengungkapkannya (tidak asertif).

Gangguan-gangguan ini diduga dapat disebabkan oleh faktor bawaan (masih hipotesis); faktor psikososial, seperti pola hubungan keluarga yang patogenik; dan faktor sosiokultural, seperti munculnya sistem nilai dan pola perilaku tertentu yang jauh berbeda dari yang lazim berlaku di masyarakat akibat kondisi kemiskinan. Misalnya, dalam bentuk standar yang sangat longgar tentang kejujuran, tanggung jawab sosial, dan sebagainya.

Penderita aneka jenis gangguan ini biasanya sulit ditangani untuk ditolong. Mereka harus dipaksa. Usaha memberikan pertolongan biasanya lebih efektif bila dilakukan dalam lingkungan tertentu yang membatasi runga gerak penderita, misalnya di penjara atau pusat rehabilitasi lainnya. Penanganan di luar jarang berhasil.

http://balancepers.com/gangguan-kepribadian/
Read more >>

Psikoterapi

Psikoterapi adalah suatu metode penyembuhan yang berusaha untuk menelaah secara detail penyebab utama munculnya suatu penyakit yang sangat terkait dengan bagaimanakah kondisi psikis seseorang penderita penyakit tersebut.Penelaahan tidak hanya dilakukan pada saat seseorang tersebut menderita penyakit, namun sampai jauh ke belakang.Di Indonesia, bahkan di dunia, banyak sekali kita melihat berbagai pengobatan alternatif di samping medis. Bukan karena medis belum mampu menangani berbagai macam penyakit, namun seperti kita pahami, beberapa faktor di masyarakat kita seperti keterbatasan dana, kurangnya kelengkapan medis di rumah sakit daerah, adanaya beberapa diagnosis yang kurang tepat, dan sebagian orang yang takut harus melakukan operasi mengingat efek samping operasi dan obat kimia yang sangat fatal bagi tubuh manusia.

Faktor-faktor tersebut itulah yang menjadi pemikiran kami dalam mencari solusi yang mudah, murah, dan aplikatif dalam membantu masyarakat luas dan menemukan pengobatan alternatif, yaitu dengan metode psikoterapi.

Dalam metode psikoterapi ini akan diungkapkan sebuah ilmu baru kepada masyarakat luas dari mana awal penyakit terbentuk dan bagaimana mencegah serta menyembuhkan penyakit tersebut dengan penemuan-penemuan dari seorang tokoh masyarakat yang akrab dipanggil Mas Dhanu. Sehingga masyarakat luas yang mengetahui dapat belajar dari uraian-uraian yang diberikan beliau. Inilah sebuah metode pengobatan alternatif yang dapat menjawab semua faktor di atas.

http://akhlakmuliacenter.com/psikoterapi/sekilas-psikoterapi/
Read more >>

Thursday 20 November 2008

Berwisata ke kabupaten Kerinci


Berwisata ke kabupaten Kerinci memang cocok untuk menghilangkan kejenuhan karena kesibukan aktivitas.Daerah yang berhawa sejuk ini memeliki beragam objek wisata menarik,seperti Air Panas Semurup,Perkebunan Teh,Danau Kerinci,Air Terjun,dll.Untuk sampai disini anda bisa menggunakan transportasi darat dan udara baik dari kota jambi maupun sumatra barat,Bila ingin menngunakan transportasi darat sebaiknya dari sumatra barat karena waktu yang ditempuh relatif singkat bila dibandingkan dari kota jambi yakni 5-6 jam.Jadi sambil istirahat kita bisa bersantai sambil memandangi pemandangan "SAKTI ALAM KERINCI" yang begitu menakjubkan,dan rugilah anda bila tidak pernah berkunjung kedaerah ini.Begitu indah kan Kerinci?Daerah dengan beragam pesona.Jika ingin dipandu saya bisa menemani anda berwisata ke daerah ini.


Read more >>

PSIKOLOGI

Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mentalPsikologi adalah ilmu yang tergolong muda (sekitar akhir 1800an.) Tetapi, manusia di sepanjang sejarah telah memperhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf yunani terutama Plato dan Aristoteles. Setelah itu St. Augustine (354-430) dianggap tokoh besar dalam psikologi modern karena perhatiannya pada intropeksi dan keingintahuannya tentang fenomena psikologi. Descartes (1596-1650) mengajukan teori bahwa hewan adalah mesin yang dapat dipelajari sebagaimana mesin lainnya. Ia juga memperkenalkan konsep kerja refleks. Banyak ahli filsafat terkenal lain dalam abad tujuh belas dan delapan belas—Leibnits, Hobbes, Locke, Kant, dan Hume—memberikan sumbangan dalam bidang psikologi. Pada waktu itu psikologi masih berbentuk wacana belum menjadi ilmu pengetahuan.


[sunting] Psikologi kontemporer

Diawali pada abad ke 19, dimana saat itu berkembang 2 teori dalam menjelaskan tingkah laku, yaitu:

Psikologi Fakultas
Psikologi fakultas adalah doktrin abad 19 tentang adanya kekuatan mental bawaan, menurut teori ini, kemampuan psikologi terkotak-kotak dalam beberapa ‘fakultas’ yang meliputi: berpikir, merasa dan berkeinginan. Fakultas ini terbagi lagi menjadi beberapa subfakultas: kita mengingat melalui subfakultas memori, pembayangan melalui subfakultas imaginer, dan sebagainya.
Psikologi Asosiasi
Bagian dari psikologi kontemporer abad 19 yang mempercayai bahwa proses psikologi pada dasarnya adalah ‘asosiasi ide.’ Dimana ide masuk melalui alat indera dan diasosiasikan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu seperti kemiripan, kontras, dan kedekatan.

Dalam perkembangan ilmu psikologi kemudian, ditandai dengan berdirinya laboratorium psikologi oleh Wundt (1879) Pada saat itu pengkajian psikologi didasarkan atas metode ilmiah (eksperimental) Juga mulai diperkenalkan metode intropeksi, eksperimen, dsb. Beberapa sejarah yang patut dicatat antara lain:

* F. Galton > merintis test psikologi.
* Charles Darwin > memulai melakukan komparasi dengan binatang.
* A. Mesmer > merintis penggunaan hipnosis
* Sigmund Freud > merintis psikoanalisa

[sunting] Psikologi sebagai ilmu pengetahuan

Walaupun sejak dulu telah ada pemikiran tentang ilmu yang mempelajari manusia dalam kurun waktu bersamaan dengan adanya pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam, akan tetapi karena kekompleksan dan kedinamisan manusia untuk dipahami, maka psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak akhir 1800-an yaitu sewaktu Wilhem Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama didunia.

Laboratorium Wundt

Pada tahun 1879 Wilhem Wundt mendirikan laboratorium Psikologi pertama di University of Leipzig, Jerman. Ditandai oleh berdirinya laboratorium ini, maka metode ilmiah untuk lebih mamahami manusia telah ditemukan walau tidak terlalu memadai. dengan berdirinya laboratorium ini pula, lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi ilmu pengetahuan, sehingga tahun berdirinya laboratorium Wundt diakui pula sebagai tanggal berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

Berdirinya Aliran Psikoanalisa
Berdirinya Aliran Behavioris
Berdirinya Aliran Fenomenologis

[sunting] Fungsi psikologi sebagai ilmu

Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:

Menjelaskan
Yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.
Memprediksikan
Yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi.
Pengendalian
Yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya prevensi atau pencegahan, intervesi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.

[sunting] Pendekatan Psikologi

Tingkah laku dapat dijelaskan dengan cara yang berbeda-beda, dalam psikologi sedikitnya ada 5 cara pendekatan, yaitu

[sunting] Pendekatan neurobiologis

Tingkah laku manusia pada dasarnya dikendalikan oleh aktivitas otak dan sistem syaraf. Pendekatan neurobiologis berupaya mengaitkan perilaku yang terlihat dengan impuls listrik dan kimia yang terjadi didalam tubuh serta menentukan proses neurobiologi yang mendasari perilaku dan proses mental.

[sunting] Pendekatan perilaku

Menurut pendekatan perilaku, pada dasarnya tingkah laku adalah respon atas stimulus yang datang. Secara sederhana dapat digambarkan dalam model S - R atau suatu kaitan Stimulus - Respon. Ini berarti tingkah laku itu seperti reflek tanpa kerja mental sama sekali. Pendekatan ini dipelopori oleh J.B. Watson kemudian dikembangkan oleh banyak ahli, seperti B.F.Skinner, dan melahirkan banyak sub-aliran.

[sunting] Pendekatan kognitif

Pendekatan kognitif menekankan bahwa tingkah laku adalah proses mental, dimana individu (organisme) aktif dalam menangkap, menilai, membandingkan, dan menanggapi stimulus sebelum melakukan reaksi. Individu menerima stimulus lalu melakukan proses mental sebelum memberikan reaksi atas stimulus yang datang.

[sunting] Pendekatan psikoanalisa

Pendekatan psikoanalisa dikembangkan oleh Sigmund Freud. Ia meyakini bahwa kehidupan individu sebagian besar dikuasai oleh alam bawah sadar. Sehingga tingkah laku banyak didasari oleh hal-hal yang tidak disadari, seperti keinginan, impuls, atau dorongan. Keinginan atau dorongan yang ditekan akan tetap hidup dalam alam bawah sadar dan sewaktu-waktu akan menuntut untuk dipuaskan.

[sunting] Pendekatan fenomenologi

Pendekatan fenomenologi ini lebih memperhatikan pada pengalaman subyektif individu karena itu tingkah laku sangat dipengaruhi oleh pandangan individu terhadap diri dan dunianya, konsep tentang dirinya, harga dirinya dan segala hal yang menyangkut kesadaran atau aktualisasi dirinya. Ini berarti melihat tingkah laku seseorang selalu dikaitkan dengan fenomena tentang dirinya.

[sunting] Kajian psikologi

Psikologi adalah ilmu yang luas dan ambisius, dilengkapi oleh biologi dan ilmu saraf pada perbatasannya dengan ilmu alam dan dilengkapi oleh sosiologi dan anthropologi pada perbatasannya dengan ilmu sosial. Beberapa kajian ilmu psikologi diantaranya adalah:

[sunting] Psikologi perkembangan

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: psikologi perkembangan

Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk prilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial. Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu tersebut.

[sunting] Psikologi sosial

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: psikologi sosial

bidang ini mempunyai 3 ruang lingkup, yaitu :

1. studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya : studi tentang persepsi, motivasi proses belajar, atribusi (sifat)
2. studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain
3. studi tentang interaksi kelompok, misalnya : kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama dalam kelompok, persaingan, konflik

[sunting] Psikologi kepribadian

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: psikologi kepribadian

Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya.

[sunting] Psikologi kognitif

!Artikel utama untuk bagian ini adalah: psikologi kognitif

Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi, seperti: Persepsi, proses belajar, kemampuan memori, atensi, kemampuan bahasa dan emosi.

[sunting] Wilayah terapan psikologi

Wilayah terapan psikologi adalah wilayah-wilayah dimana kajian psikologi dapat diterapkan. walaupun demikian, belum terbiasanya orang-orang Indonesia dengan spesialisasi membuat wilayah terapan ini rancu, misalnya, seorang ahli psikologi pendidikan mungkin saja bekerja pada HRD sebuah perusahaan, atau sebaliknya.

[sunting] Psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah.

[sunting] Psikologi sekolah

Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi.

[sunting] Psikologi industri dan organisasi

Psikologi industri memfokuskan pada menggembangan, mengevaluasi dan memprediksi kinerja suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh individu, sedangkan psikologi organisasi mempelajari bagaimana suatu organisasi memengaruhi dan berinteraksi dengan anggota-anggotanya.

[sunting] Psikologi kerekayasaan

Penerapan psikologi yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan mesin untuk meminimalisasikan kesalahan manusia ketika berhubungan dengan mesin (human error).

[sunting] Psikologi klinis

Adalah bidang studi psikologi dan juga penerapan psikologi dalam memahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu ke ambang normal.

[sunting] Parapsikologi
Keakuratan bagian ini dipertanyakan.
Lihat diskusi mengenai bagian ini di halaman diskusinya.

Parapsikologi adalah salah satu cabang psikologi yang mencakup studi extra sensory perception, psikokinesis dan sebagainya (Tart, 2004; Aspinwall & Staudinger,2003). Parapsikologi telah diakui sebagai bagian dari cabang psikologi lainnya yaitu psikologi transpersonal (lihat Lajoie & Shapiro, 1992; Tart, 2004 dan psikologi positif (lihat Aspinwall & Staudinger,2003). Penelitian parapsikologi pada umumnya dilakukan di laboratorium sehingga penelitian tersebut ilmiah (Aspinwall & Staudinger, 2003; Tart, 2004)

[sunting] Salah Kaprah Tentang Psikologi

Psikologi Bukan Ilmu Pengetahuan
Psikologi telah memiliki syarat untuk dapat berdiri sendiri sebagai ilmu pengetahuan terlepas dari Filsafat. (Syarat Ilmu Pengetahuan: Memiliki objek (Tingkah laku), memiliki metode penelitian (sejak laboratorium Wundt didirikan psikologi telah membuktikan memiliki metode ilmiah), sistematis,dan bersifat universal.

Lihat keterangan lebih lanjut dari bahasan ini dalam artikel Kontroversi ilmu psikologi.

Salah penggolongan
Berbagai hal yang berbau kepribadian sering dimasukan kedalam psikologi, semisal: ramalan-ramalan seputar kepribadian (palmistry, chirology, dll.) sehingga terbentuk pandangan tentang psikologi bukanlah ilmu pengetahuan.
Terjebak dengan kata Psikotes
Psikologi bukan hanya psikotes, tetapi inilah bagian dari psikologi yang paling populer di masyarakat. Banyak kalangan yang sinis dengan psikologi karena psikotes, bagaimana psikolog dapat memvonis potensi seseorang dengan hanya serangkaian tes. Sesungguhnya masih banyak metode lain yang dapat digunakan, akan tetapi seringkali metode ini dipilih untuk alasan efisiensi.
Psikologi melakukan dehumanisasi
Kebalikannya, psikologi memandang setiap individu adalah unik, bahkan psikotes dilakukan untuk lebih memahami keunikan dari setiap individu. Justru, kalangan yang menyamaratakan setiap individu secara tidak langsung memvonis manusia adalah robot (dehumanisasi) yang tidak memiliki keunikan satu sama lainnya.

[sunting] Referensi

* Atkinson, Pengantar Psikologi. Interaksara, Batam. (2 jilid)
* Asnpiwall, L. G., & Staudinger, U. M. (Eds.) (2003). A psychology of human strengths: Fundamental questions and future directions for a positive psychology. Washington, DC: American Psychological Association.
* Chaplin, James P., Kamus Lengkap Psikologi. Rajawali Press, Jakarta, 2005. ISBN 979-421-215-6
* Lajoie, H.J., & Shapiro, S.I. 1992. Definitions of transpersonal psychology:The First Twenty-Three Years. The Journal of Transpersonal Psychology. Vol.24. (1). 79-98.
* Tart, C.T. 2004. On the scientific foundations of transpersonal psychology: Contributions from parapsychology. The Journal of Transpersonal Psychology. Vol.36. (1). 66-90.
* Sudarsono, Pengantar Kuliah Psikologi Umum, Fak. psikologi Unas Pasim, 2004.
* Suryabrata, Sumadi, Psikologi Kepribadian. Rajawali Press, Jakarta, 1982. ISBN 979-421-044-7

Sumber : wikipidia

Read more >>

BAKOMAS II

Pagi itu jam menunjukkan jam 10.00 wib,saya bersama rombongan yang akan mengikuti bakomas berangkat kelokasi acara yakni di Desa Jorong Pariangan Batu Sangkar.Kami sampai dilokasi sekitar jam 12.30 wib,sampai disana saya melihat barak dan tenda untuk pemondokan rombongan telah berdiri rapi,walaupun tenda untuk mahasiswa 08 harus ditata kembali agar bentuknya lebih rapi lagi.Keadaan alam disana memang masih alami ini terlihat dengan rumah dengan arsitektur zaman dahulu.Disana juga ada pemandian Air panas yang alami keluar dari perut bumi.Sambil beristirahat untuk menghilangkan kejenuhan karena padatnya acara saya bersama teman-teman mengelilingi perkampungan penduduksetempat,pandangan saya tertuju kepada sebuah makam yang merupakan cagar budaya yakni makam Dt Tantejo Gerhano,konon menurut cerita penduduk setempat makam ini tidak dapat diukur dan lebih dikenal dengan kuburan panjang.Pada malam harinya acara bakomas resmi dibuka oleh ketua jurusan bimbingan dan konseling,setelah acara dibuka,semua peserta diminta untuk dapat beristirahat sampai pagi karena masih banyak rangkaian kegiatan.Rangkaian kegiatan yang disusun panitia begitu menarik,tak terasa sampai pada malam terakhir yang merupakan malam penutupan acara.Belum sempat ditutup suatu peristiwa yang tidak diinginkan terjadi yakni kesurupan,suasana dilokasipun berubah menjadi panik dan tidak terkontrol.Pada malam itu mahasiswi diungsikan ke masjid sedangkan yang mahasiswa tetap di barak,sampai pagi dan keberangkatan pulang masih ada juga yang kesurupan.Begitulah pengalaman saya mengikuti bakomas selama 4 hari.


Read more >>

BAKOMAS

Minggu ini merupakan minggu sibuk bagi aku,selain mengadapi UTS.Minggu ini juga ada kegiatan kampus yakni Bakomas (bakhti konseling masyarakat) di Batu Sangkar.Aku memutuskan untuk ikut kegiatan ini karena setahun yang lalu aku absen dalam acara ini,jadi mau tidak mau aku harus ikut acara BakomasAcara ini diikuti oleh mahasiswa Bimbingan konseling dan Psikologi.Ini merupakan pengalaman pertama aku datang ke batu sangkar dan mengikuti acara bakomas,aku berharap kegiatan ini dapat memberikan kesan terindah dalam hidupku dan bagi rekan-rekan lainnya.Telah dapat aku bayangkan sebelum sampai dilokasi,pasti kegiatannya akan seru dan mengasyikkan.Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan perjalanan aku mengikuti Bakomas di Batusangkar sampai minggu depan.


Read more >>

RECRUITMEN PSIKOPERS

Proses recruitmen tim psikopers psikologi telah selesai dilaksanakan,tetapi apa yang diharapkan belum bisa tercapai,dari 22 orang yang dibutuhkan cuma ada 18 orang yang mendaftar,berarti masih minus 4 orang,walaupun jumlah yang mendaftar dan melalui tahap seleksi tidak mencapai target kuota yang dibutuhkan,mereka belum pasti dinyatakan sebagai tim psikopersMereka harus melaui satu tahap lagi yakni magang.Magang adalah salah satu cara untuk melihat seberapa besar kemampuan para calon psikopers dalam menghasilkan informasi bagi mahasiswa psikologi.Dengan adanya magang ini diharapkan dihasilkan para jurnalis-jurnalis kampus yang handal dan berkompeten dalam memajukan ndunia pers dilingkungan kampus psikologi.Setelah magang,mereka yang lolos akan ditempatkan dibeberapa bagian yakni,Buletin psikologi,Madding,dan Psikologi obnline.

Adapun yang terlibat dalam proses recruitmen ini adalah:bang fikri,bang hadri,bang ardi,bang abrar,kak sona kak ezi,maghriza(opi),ansyhari rahmi(aan),muhammad reza dan gumi.Semua nama yang disebutkan disini merupakan orang-orang yang telah terlebih dahulu berkecimpung didunia jurnalistik di kampus psikologi.

Semoga dengan adanya proses recruitmen psikopers akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa psikologi dalam memperoleh informasi kampus maupun informasi diluar kampus.


Read more >>

Tuesday 11 November 2008

BAKOMAS

Minggu ini merupakan minggu sibuk bagi aku,selain mengadapi UTS.Minggu ini juga ada kegiatan kampus yakni Bakomas (bakhti konseling masyarakat) di Batu Sangkar.Aku memutuskan untuk ikut kegiatan ini karena setahun yang lalu aku absen dalam acara ini,jadi mau tidak mau aku harus ikut acara Bakomas.Acara ini diikuti oleh mahasiswa Bimbingan konseling dan Psikologi.Ini merupakan pengalaman pertama aku datang ke batu sangkar dan mengikuti acara bakomas,aku berharap kegiatan ini dapat memberikan kesan terindah dalam hidupku dan bagi rekan-rekan lainnya.Telah dapat aku bayangkan sebelum sampai dilokasi,pasti kegiatannya akan seru dan mengasyikkan.Kita tunggu saja bagaimana kelanjutan perjalanan aku mengikuti Bakomas di Batusangkar sampai minggu depan.
Read more >>

Sunday 2 November 2008

Laskar Uhang Kito Maju ke Semi final Sepak Bola Porprov 18 Bungo

Walaupun pada pertandingan perdana tim "uhang kito" menuai kekalahan dengan skor tipis 0-1 dari tim Batang hari namun pada pertandingan selanjutnya tim uhang kito ini berhasil menuai kemenangan dengan menghempaskan tim Merangin 2-1 dan tim Sarolangun dan menahan imbang tim tuan rumah Bungo.Dengan keberhasilan maju ke semifinal,maka ada kemungkinan tim uhang kito ini akan menciptakan hattrick medali emas cabang sepak bola porprov,karena pada even sebelumnya tim ini berhasil membawa pulang medali emas ke ranah sakti alam kerinci.Dalam pertandingan semi final tim uhang kito ini akan melawan keseblasan tim tanjabtim yang merupakan pemuncak klasmen group A.
Read more >>